XL Perkenalkan Layanan VoLTE, Ini Kelebihan Dari Panggilan Telepon Biasa

XL Perkenalkan Layanan VoLTE, Ini Kelebihan Dari Panggilan Telepon Biasa

Agus Tri Haryanto - detikInet
Selasa, 18 Agu 2020 14:17 WIB
Woman using smartphone. The concept of using the phone is essential in everyday life.
XL Perkenalkan Layanan VoLTE (Foto: iStock)
Jakarta -

Untuk memberikan pengalaman panggilan telepon lebih jernih dan kecepatan sambungnya, operator seluler XL Axiata memperkenalkan teknologi layanan VoLTE (Voice over LTE).

VoLTE atau Voice over LTE adalah layanan telepon yang memanfaatkan jaringan LTE atau Long Term Evolution, yang biasa dipakai untuk mengakses internet. Dengan layanan VoLTE, layanan telepon akan jadi lebih jernih ketimbang layanan telepon biasa.

Kelebihan lain dari teknologi tersebut, pelanggan bisa merasakan pengalaman berupa kecepatan sambung yang singkat dibandingkan telepon biasa. Oleh karena itu, XL optimis bahwa layanan VoLTE besutannya menjadi fitur layanan telepon pilihan pelanggan.

"XL berupaya untuk meningkatkan layanan data yang berkualitas bagi pelanggan. Kita kenalkan layanan VoLTE, yang biasanya kalau panggilan telepon biasa itu terputus, dengan VoLTE, panggilan telepon, baik itu suara atau video masih sambung dan jernih hasilnya karena sudah HD voice, jadi noise di belakang tidak akan terdengar," tutur Group Head Commercial GTM XL Axiata Rahmadi Mulyohartono dalam konferensi pers secara virtual, Selasa (18/8/2020).

Rahmadi juga menjelaskan, dengan pelanggan menggunakan layanan VoLTE, maka saat pelanggan tengah melakukan aktivitas streaming, lalu ada panggila telepon masuk, maka kedua layanan tersebut masih tetap berjalan bersamaan.

Untuk memberikan pengalaman panggilan telepon lebih jernih dan kecepatan sambungnya, operator seluler XL Axiata memperkenalkan teknologi layanan VoLTE (Voice over LTE).Untuk memberikan pengalaman panggilan telepon lebih jernih dan kecepatan sambungnya, operator seluler XL Axiata memperkenalkan teknologi layanan VoLTE (Voice over LTE). Foto: detikINET/Agus Tri Haryanto

"Jadi, pelanggan bisa multitasking dan juga tidak perlu repot untuk sign in, misalnya kalau sudah mengikuti webinar," ucapnya.

Dalam mengimplementasikan layanan VoLTE ini, XL menjalin kerja sama dengan Ericsson dan Huawei sebagai mitra teknologi untuk jaringan radio dan core. Dibutuhkan waktu sampai satu tahun bagi XL untuk mengembangkan VoLTE sebelum akhirnya dirilis saat ini.

Sayangnya, untuk saat ini XL baru merilis layanan VoLTE untuk wilayah Medan dan Jakarta. Dijanjikan, dalam waktu dekat ini, operator seluler yang identik warna biru ini akan menyambangi di 13 kota besar dan akhir tahun 2020 bisa memperluas ke semua kota-kota besar Indonesia.

"XL telah memastikan jaringan yang dimiliki telah memenuhi kriteria kualitas yang ditetapkan untuk menggelar layanan VoLTE, baik dari sisi radio, transport, dan juga core. Optimasi jaringan VoLTE juga telah dilakukan untuk memastikan semua fitur utama dapat dijalankan, seperti antara lain layanan VoLTE to VoLTE, VoLTE to non-VoLTE (layanan suara 2G dan 3G) dan sebaliknya, termasuk juga layanan Video over LTE (ViLTE)," ujar Plt Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa pada kesempatan yang sama.

Pada tahap awal ini layanan VoLTE didukung oleh lebih dari 3.000 Base Transceiver Station (BTS) 4G XL Axiata yang tersebar di Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Jakarta Barat, Jakarta Utara, dan Medan.

Sementara untuk sekarang anak perusahaan Axiata ini sedang menyiapkan BTS-BTS di kota-kota lainnya untuk mendukung layanan VoLTE di tahap selanjutnya. Agar pelanggan dapat menikmati kualitas layanan suara yang prima, XL Axiata perlu melakukan optimasi jaringan secara menyeluruh sehingga benar benar siap untuk layanan VoLTE. Ke depan seluruh BTS 4G/LTE dipersiapkan untuk mendukung layanan VoLTE.



Simak Video "XL Axiata Getol Bangun Jaringan di Daerah Pelosok"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)