Mana Paling Boros Bandwidth, Zoom, Skype, Hangouts, atau Webex?

Mana Paling Boros Bandwidth, Zoom, Skype, Hangouts, atau Webex?

Agus Tri Haryanto - detikInet
Rabu, 01 Apr 2020 19:00 WIB
aplikasi meeting
Foto: Istimewa
Jakarta -

Seiring diterapkannya belajar dan kerja dari rumah saat merebaknya virus corona COVID-19, aplikasi telekonferensi Zoom, Skype, Hangouts, dan Webex kian diburu masyarakat. Tapi, tahukah kalian aplikasi mana yang lebih boros makan bandwidth?

Untuk mengetahui hal tersebut, operator Tri Indonesia melakukan pengujian internal terbatas pada empat layanan telekonferensi yang populer dipakai para pelanggannya, tentunya dapat diakses secara gratis.

Sebagai informasi, setiap layanan telekonferensi tersebut memiliki kebutuhan bandwidth yang berbeda-beda, sesuai dengan fitur dan kapabilitas yang ditawarkan kepada penggunanya.

Hasil pengujian internal yang dilakukan oleh Tri Indonesia terkait penggunaan aplikasi telekonferensi yang banyak dipakai di tengah merebaknya virus corona COVID-19.Hasil pengujian internal yang dilakukan oleh Tri Indonesia terkait penggunaan aplikasi telekonferensi yang banyak dipakai di tengah merebaknya virus corona COVID-19. Foto: Tri Indonesia

Grafik yang ada di atas merupakan hasil pengujian internal Tri Indonesia menggunakan perangkat yang sama dalam telekonferensi selama 30 menit dengan lima partisipan.

Tri menyebutkan bandwidth yang kecil biasanya membutuhkan data yang kecil juga, sehingga pengguna bisa menghemat konsumsi data yang digunakan saat telekonferensi. Sedangkan, aplikasi yang menyedot bandwidth besar umumnya menawarkan kualitas video yang lebih baik.

Tri mengatakan kebutuhan bandwidth setiap aplikasi dapat bervariasi pula tergantung dari perangkat elektronik yang dipakai pengguna.

Dibandingkan dua minggu sebelumnya, akses terhadap Zoom, Skype, Hangouts, dan Webex meningkat 693%, khususnya pada jam kerja.

Chief Technical Officer Tri Indonesia Desmond Cheung mengatakan pasca-imbauan pemerintah untuk beraktivitas di rumah, kebutuhan internet di jam kerja meningkat pesat.

"Di periode yang sulit ini, tim teknis Tri Indonesia terus memonitor jaringan selama 24/7 untuk memastikan koneksi yang stabil. Kami juga terus memperluas jangkauan jaringan untuk melayani kebutuhan pelanggan, baik yang bekerja maupun belajar dari rumah," tutur Desmond dalam siaran persnya.

Untuk melengkapi kebutuhan internet pelanggan, Tri memiliki produk AlwaysOn Unlimited yang memberikan kuota unlimited dari pukul 01.00-17.00 WIB.

Selama periode #DiRumahAja, Tri mengungkapkan bahwa mereka tetap beroperasi penuh untuk memberikan jaringan dan produk relevan, sehingga dapat memenuhi kebutuhan pelanggan dalam berselancar di dunia maya saat berada di rumah.



Simak Video "Ini Sebaran Kasus Positif Corona di 34 Provinsi Hari Ini"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fyk)