Kamis, 12 Des 2019 10:40 WIB

Bujuk Rayu Indosat Migrasikan Pelanggan 2G ke 4G

Agus Tri Haryanto - detikInet
Foto: internet
Solo - Teknologi 4G sudah dilahirkan secara resmi pada 2015 lalu, namun empat tahun berlalu masih ada masyarakat yang doyan pakai layanan 2G. Sebagai penyelenggara jasa jaringan telekomunikasi, Indosat Ooredoo mendorong migrasi 2G ke 4G.

SVP Head of Retail & Device Management Indosat Ooredoo Radhia Bendhifi mengatakan bahwa pangsa pasar 2G di Tanah Air terbilang masih banyak.


"Kalau melihat satu bulan angka penjualan feature phone itu stabil di angka 300-500 ribu unit per bulannya. Sementara, jualan handphone itu satu bulan sekitar 2,1-2,3 juta unit," ujarnya, Rabu (11/12/2019).

Berdasarkan hasil penelusuran Indosat Ooredoo, ada beberapa faktor yang membuat masyarakat masih belum beranjak dari teknologi seluler yang lama.

Pertama, mulai dari daya beli masyarakat terhadap perangkat smartphone yang mana perangkat tersebut masih terbilang mahal. Kedua, kenyamanan, sederhana, dan ketahanan dari feature phone yang dinilai memanjakan pelanggan 2G ini.

Bujuk Rayu Indosat Migrasikan Pelanggan 2G ke 4GPonsel kolaborasi Indosat dan Advan. Foto: Agus Tri Haryanto/detikINET

Melihat hal itu, Indosat Ooredoo menghadirkan paket bundling smart feature phone yang menggandeng vendor Advan. Ponsel ini yang diiming-imingi gratis paket kuota data dan harga Rp 449 ribu, diharapkan dapat mendorong migrasi pelanggan 2G tersebut.

"Itu artinya, angkanya lumayan gede. Pada saat operator berusaha untuk migrasikan pelanggan, artinya keran masih ada. Makanya kita coba rilis smart feature phone, bagaimana (pelanggan 2G) bisa merasakan internet," tuturnya.


Kendati jumlah pelanggan dan jangkauan jaringan 4G terus diperluas, operator seluler seperti Indosat Ooredoo ini memandangan kota-kota tier dua dan tiga, jadi wilayah yang pangsa pasar 2G masih banyak. Kota-kota tersebut yang kini disasar untuk diajak migrasi ke 4G.

"Saat ini kita menargetkan ada di beberapa kota, sekitar ada tujuh kota. Memang kita juga menargetkan Advan, secara distribusinya luas dan itu memang kebanyakan ke kota tier 2," pungkasnya.

Bujuk Rayu Indosat Migrasikan Pelanggan 2G ke 4G


Simak Video "Internet 101, Cara Indosat Ooredoo Edukasikan Internet Baik"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/afr)