Kamis, 26 Sep 2019 08:59 WIB

Mimpi Penajam Paser Utara Punya Smart City

Agus Tri Haryanto - detikInet
Wabup Penajam Paser Utara. Foto: Agus Tri Haryanto/inet Wabup Penajam Paser Utara. Foto: Agus Tri Haryanto/inet
Penajam Paser Utara - Sebagai calon ibu kota negara baru, Penajam Paser Utara (PPU) berhasrat untuk mengadopsi smart city alias kota pintar. Upaya ini juga tak terlepas dari tinggi penggunaan teknologi oleh masyarakat di kabupaten yang bertetangga dengan Balikpapan ini.

Wakil Bupati Penajam Paser Utara Hamdan mengatakan soal tren masyarakat di sini dalam pemanfaatan teknologi terbilang sangat tinggi. Ia mencontohkan sering kali dirinya membuka atau menghadiri acara kompetisi game PUBG.

"Saya mungkin kadang-kadang sebulan itu bisa empat kali saya membuka acara kompetisi game di sini untuk anak muda," ucapnya.


Di samping itu, pemerintah yang ia pimpin juga telah mengembangkan e-government, e-planning, e-budgeting, e-reporting.

"Kita termasuk salah satu kabupaten yang mendapatkan penghargaan inovasi di bidang itu pengembangan e-government," akunya.

"Ya, kita akan mengarah ke smart City. smart city sudah menjadi keharusan, kebutuhan kita akan internet sesuatu yang wajib. Ya, internet yang betul-betul setiap saat bisa kita akses tidak ada lagi lelet-leletnya. Nggak ada lagi lemot, nggak ada lagi blankspot," tutur dia.


Sebelum menerapkan secara keseluruhan di wilayahnya, Hamdan mengungkapkan, konsep smart city diimplementasikan di satu desa

"Tentu banyak yang harus dipersiapkan. Memang tugas berat kami ke depannya itu, karena harus menyesuaikan dengan rencana itu, menjadi ibu kota Smart city," kata Hamdan.


Mimpi Penajam Paser Utara Punya Smart City


Simak Video "Ricuh di Calon Ibu Kota Baru, Massa Bakar Fasilitas Pelabuhan"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fyk)