Kamis, 12 Sep 2019 22:00 WIB

10 Tim Startup Game Akan Digembleng Telkom Selama 3 Bulan

Agus Tri Haryanto - detikInet
Foto: Telkom Foto: Telkom
Jakarta - Beberapa waktu lalu Telkom memperkenalkan Indigo Game Startup Incubation, program inkubasi untuk melahirkan game lokal. Kini program tersebut memasuki tahap pertama dengan terpilihnya 10 tim startup.

Diketahui, 10 tim startup yang dimaksud masing-masing terdiri atas 5 orang yang berasal dari Bandung, Jakarta, Bogor, Yogyakarta, Kudus, Semarang, Purwokerto, Solo, Bandar Lampung, Palembang, Bali, hingga Samosir. Mereka terbagi ke dalam dua kategori, tim yang mengerjakan game berbasis Personal Computer (PC) dan game berbasis mobile application.




Ada 3 tim yang akan mengerjakan game berbasis PC yaitu Dragon Emperos, Last BossStudios, AIOUS Production. Sementara tim lainnya, mengerjakan game berbasis mobile application yaitu Freemergency, Ginvo Studio, Eternal DreamStudio, Maentrus Digital Lab, Mirai Mimpi, dan Slab Games.

Program inkubasi startup yang dilakukan di Bandung Digital Valley, Bandung, itu digempleng pengembang asal Indonesia yang sudah punya reputasi di kancah internasional, yakni CEO Agate International Arief Widhiyasa serta Co-Founder Agate Entertainment Aditia Dwiperdana sekaligus bertindak sebagai Program Comitee.

Pada agenda tersebut, Johannes Adi Purnama Putra selaku Coordinator of Incubation Management Open Innovation Management (OIM), di mana OIM sejak tahun 2013 mengelola program inkubator dan akselerator milik Telkom Indonesia, yaitu Indigo Creative Nation.

Foto: Telkom

Dedi Suherman selaku President Director Melon Indonesia, anak usaha Telkom bidang konten mengatakan, adanya program Indigo Game Startup Incubation menjad bukti bahwa pihaknya tak hanya terjun di konten musik saja, melainkan juga dunia game.

"Itulah alasan mengapa Melon Indonesia mendukung program ini, bahkan sebagian timMelon Indonesia juga berkantor di salah satu ruangan khusus yang terletak di dalam inkubator ini," ungkap Dedi dalam keterangan tertulisnya, Kamis (12/9/2019).

Indigo Game Startup Incubation sendiri merupakan program inkubasi yang diklaim pertama di Indonesia, khusus startup bidang game hasil kolaborasi Indigo Creative Nation dan Agate International.




Sesi bootcamp ini sendiri berlangsung mulai Selasa (10/09) hingga Jumat (13/09) yang bertujuan mempersiapkan para peserta terpilih untuk mengeksekusi ide game dalam bentuk riil pada inkubasi yang akan berlangsung selama tiga bulan mendatang hingga Desember 2019.

Lalu, diskusi proposal Discussion pada 11-12 September mendatang yang mana tim selama dua hari menyiapkan proposal rencana kegiatan mereka selama proses inkubasi tiga bulan mendatang. Terakhir, tim akan melakukan pitching/lelang terkait proposal rencana kegiatan mereka yang telah dirancang sebelumnya.

Simak Video "Nyamar Jadi Pekerja, Sindikat Pencuri Kabel Telkom di Jakarta Dibekuk!"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/krs)