Kamis, 29 Agu 2019 19:38 WIB

Gangguan Telepon & SMS di Jayapura Bukan karena Diblokir Kominfo

Agus Tri Haryanto - detikInet
Foto: ANTARA FOTO/Dian Kandipi Foto: ANTARA FOTO/Dian Kandipi
Jakarta - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menegaskan bahwa gangguan layanan SMS dan telepon di Jayapura, Papua bukan karena diblokir oleh pemerintah.

"Layanan telepon dan SMS yang tidak bisa diakses di Papua bukan karena diblokir oleh Kominfo," ujar Plt Kepala Biro Humas Kementerian Kominfo Ferdinandus Setu, Kamis (29/8/2019).




"Tetapi memang ada kerusakan infrastruktur telekomunikasi dari operator akibat kerusuhan. Kominfo hanya membatasi akses layanan data saja," sambungnya.

Telkomsel menjadi salah satu layanan telekomunikasi yang mengalami gangguan di Jayapura, Papua. Hal itu dikonfirmasi VP Corporate Communications Telkomsel Denny Abidin.

"Saat ini, tanggal 29 Agustus 2019, layanan telepon dan SMS Telkomsel di Papua untuk sementara mengalami gangguan, dan sedang kami mendalami lebih lanjut penyebabnya guna mengusakan percepatan solusi perbaikan. Kami terus berkoordinasi dengan seluruh pihak terkait, untuk mengembalikan layanan telepon dan SMS Telkomsel bisa kembali normal," ungkapnya.




Telkomsel sampai saat ini terus mengupayakan pemulihan layanan SMS dan telepon kembali agar bisa dinikmati para pelanggan di sana.

Diberitakan sebelumnya, pemerintah pertama kali melakukan pembatasan layanan internet di wilayah Papua dan Papua Barat ini sejak Senin (19/8). Namun pada Rabu (21/8) pemerintah meningkatkannya jadi pemblokiran akses di wilayah tersebut. Warga di sana hanya bisa menikmati layanan telekomunikasi telepon dan SMS saja.




Simak Video "Kominfo: Ada yang Potong Kabel Jaringan Optik Telkomsel di Jayapura"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/krs)