Minggu, 31 Mar 2019 17:00 WIB

Menkominfo: Indonesia Merdeka Internet Pertengahan Tahun Ini

Agus Tri Haryanto - detikInet
Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara. Foto: Agus Tri Haryanto/detikINET Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara. Foto: Agus Tri Haryanto/detikINET
Jakarta - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Rudiantara, berambisi bahwa pada perayaan Hari Kemerdekaan RI ke-74 nanti, pemerintah menargetkan Indonesia akan merdeka sinyal internet. Pernyataan itu disampaikannya pada Forum Empat Tahun Indonesia Kreatif di Jakarta, Jumat lalu.

"Kita akan merayakan 74 tahun kemerdekaan Indonesia dari penjajahan. Tapi, kita belum merdeka dari internet, nanti pertengahan tahun (2019) ini kita merdeka dengan internet kecepatan tinggi," katanya, mengutip dari situs resmi Kominfo.


Lebih lanjut, dia menegaskan, Indonesia akan merdeka sinyal dan 514 kabupaten pemerintah kota maupun kabupaten di seluruh RI akan merasakan layanan telekomunikasi. Optimisnya Rudiantara didasari atas keberadaan proyek pembangunan tulang punggung serat optik Palapa Ring.

Sebagai informasi, Palapa Ring yang terbagi menjadi beberapa segmen, baru paket barat dan paket tengah yang sudah beroperasi. Sementara itu, Palapa Ring paket timur yang mencakupi wilayah Maluku hingga Papua ditargetkan rampung pertengahan tahun ini.


Jaringan Palapa Ring juga kata Menkominfo akan menghubungkan sekitar 214 ribu sekolah, baik dari tingkat SD, SMP hingga SMA/SMK, termasuk pesantren atau madrasah, serta beberapa sektor lainnya.

"Kita harus hubungkan semua, bagaimana menghubungkan sekolah di pojok sana? (daerah terpencil), kita pasang internet menggunakan satelit. Jadi, kita harus punya satelit sendiri untuk menghubungkan semua sekolah, puskesmas, kantor desa, koramil, polsek, dan lain sebagainya," pungkasnya. (mon/mon)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed