Selasa, 07 Nov 2017 18:14 WIB

Nomor Siluman Registrasi SIM Card bakal Bisa Dicek

Agus Tri Haryanto - detikInet
Foto: Ilustrasi/detikINET Foto: Ilustrasi/detikINET
Jakarta - Berbagai persoalan muncul dalam masa registrasi SIM card prabayar, salah satunya penyalahgunaan nomor seluler. Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dan operator seluler pun menyiapkan layanan khusus untuk menangani solusi tersebut.

Untuk memvalidasi nomor seluler dengan atas nama orang lain, dihadirkan layanan cek nomor seluler. Layanan ini untuk mengecek jika ada nomor yang tidak diketahui tetapi didaftarkan menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan nomor Kartu Keluarga (KK) orang lain.

"Jadi, kita akan mengetahui nomor mana saja yang dipakai menggunakan NIK dan nomor KK-nya kita. Bakal ketahuan nomor siluman," ujar Dirjen Penyelenggara dan Informatika (PPI) Kementerian Kominfo Ahmad M. Ramli di Jakarta, Selasa (7/11/2017).

Nomor Siluman Registrasi SIM Card bakal Bisa Dicek  Foto: Agus Tri Haryanto/detikINET


Untuk mengecek nomor tersebut, dapat dilakukan melalui pesan singkat atau SMS. Mengenai format pengecekan nomor tersebut sedang dibahas. Kominfo juga mempertimbangkan menghadirkan layanan Unreg.

Fasilitas Unreg ditujukan bagi masyarakat yang mengetahui ada nomor siluman tapi mengatasnamakan dirinya. Dia bisa memanfaatkan Unreg. Bedanya dengan layanan cek nomor, Unreg ini hanya bisa dilakukan di gerai operator.

"Unreg ini untuk menghapus nomor yang tidak berhak. Cek nomor dan Unreg ini sedang dibahas sama operator, sekitar 1-2 minggu operator akan menghadirkannya," kata Ramli.

Nomor Siluman Registrasi SIM Card bakal Bisa Dicek  Foto: Agus Tri Haryanto/detikINET


Di kesempatan yang sama, Komisioner Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) I Ketut Prihadi mengatakan, kehadiran layanan cek nomor dan Unreg ini baru dihadirkan karena sebelumnya fokus soal kampanye registrasi SIM card.

"Ternyata dalam perkembanganya ada macam-macam, ada hoax, pertanyaan soal perlindungan data pribadi. Layanan ini buat kami sebagai evaluasi, ini dihadirkan tetapi masih tetap berjalan proses registrasinya," sebut Ketut.

Saksikan video 20detik tentang registrasi SIM Card di sini:

[Gambas:Video 20detik]

(/rns)
-
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed