Tanggapan Menteri Soal Matikan 3G Ketimbang 2G

Tanggapan Menteri Soal Matikan 3G Ketimbang 2G

Agus Tri Haryanto - detikInet
Rabu, 26 Apr 2017 19:06 WIB
Foto: Ari Saputra
Jakarta - Lebih baik matikan jaringan 3G daripada 2G. Kalimat ini sempat dilontarkan oleh salah satu petinggi operator. Lalu, bagaimana tanggapan Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara?

"Nah, nanti kita lihat mana yang lebih bagus. Kalau teori 2G ini kemungkinan lebih efisien dari 3G, kalau memang iya kenapa tidak," ungkap Rudiantara di Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Jakarta, Rabu (26/4/2017).

Sebelumnya juga sudah ada studi yang mengatakan demikian, tetapi Rudiantara mengaku belum tahu studinya sudah sejauh mana.

Namun yang pasti, lanjut dia, pertahankan 2G ini bukan yang SMS based, tetapi lebih ke arah frekuensinya yang bakal dimanfaatkan terus.

"Pemikirannya kita harus pilih yang paling efisien dan sustainable. Kenapa? karena kita harus teruskan efisiensi industri ke masyarakat, jangan bebani pasar dengan yang tidak efisien," jelasnya.

Sebelumnya keinginan untuk mematikan 3G ketimbang 2G ini disuarakan oleh President Director & CEO XL Axiata, Dian Siswarini. Menurutnya, jaringan 3G lebih tanggung. Jadi lebih baik 2G saja untuk suara, sementara untuk data lebih baik 4G semua.

"Digunakan untuk layanan suara tidak jernih. Sedangkan untuk layanan data juga tidak terlalu kencang," begitu pendapatnya tentang lebih memilih 2G ketimbang 3G. (rou/rou)