Kamis, 20 Apr 2017 19:29 WIB

Ssst, Telkomsel Buka Rahasia Dapurnya ke Publik

Agus Tri Haryanto - detikInet
Foto: Agus Tri Haryanto/inet Foto: Agus Tri Haryanto/inet
Jakarta - Sebagai perusahaan penyedia telekomunikasi, Telkomsel merupakan pemimpin di Indonesia. Telkomsel pun mulai berbagi pengalaman dengan membuka rahasia dapurnya ke publik.

Ketika berdiri, Telkomsel hanya sebagai perusahaan telekomunikasi saja, namun kini Telkomsel telah menasbihkan menjadi perusahaan telekomunikasi digital.

"Awal tahun lalu fokus membangun dari telco company jadi digital telco company, sekarang kita intensifkan program transformasi digital tersebut," ucap Direktur Human Capital Management Telkomsel, Priyantono Rudito di Jakarta, Kamis (20/4/2017).

Soal transformasi digital oleh suatu perusahaan, tak hanya soal upgrade teknologi saja yang diadopsi. Melainkan dukungan Sumber Daya Manusia (SDM) juga turut menjadi perhatian.

Priyantono mengungkapkan bahwa transformasi tersebut menjadi cara Telkomsel untuk menjaga performa perusahaan dan memberikan layanan kepada pelanggan melalui berbagai inovasi.

Terlebih seperti saat ini yang sudah berangsur ke ranah digital, perusahaan pun harus sigap dan cermat menghadapi tantangan tersebut, karena itu tak bisa dihindari oleh suatu perusahaan agar bisa bertahan hidup.

"Dampak dari era digital ini seperti dulu dilakukan secara tradisional, maka sekarang bisa lewat digital dan bisa didistribusikan cepat," imbuhnya.

"Setiap industri harus jeli untuk berselancar mengendalikan gelombang digital sekaligus menginisiasi inovasi bisnis menjadi sumber daya yang menguntungkan untuk melangsungkan hidup perusahaan," tambah dia.

Rahasia dapur Telkomsel ini dicantumkan dalam sebuah buku yang ditulis langsung oleh Priyantono. Judul buku tersebut dinamakan "Digital Mastery".
<i>Ssst</i>, Telkomsel Buka Rahasia Dapurnya ke Publik Foto: Agus Tri Haryanto/inet

Dalam bukunya, Priyantono menjabarkan bahwa transformasi digital menuntut perusahaan mengembangkan dua kemampuan, yaitu kemampuan digital (digital capability) dan kemampuan kepemimpinan (leadership capability). Pertama menyangkut the "what" of technology (kemampuan membangun dan mengembangkan teknologi digital), sementara yang kedua menyangkut the "how" of leading change (kemampuan mengarahkan dan menggerakkan perubahan).

Saat ini, Telkomsel mengklaim terus menjadi yang terdepan dalam melakukan pengembangan teknologi seluler di Indonesia, dan berkomitmen untuk membangun ekosistem digital tanah air. Setelah menjadi yang pertama secara komersial meluncurkan mobile 4G LTE di Indonesia pada akhir 2014, baru-baru ini Telkomsel juga telah melakukan uji coba 1 Gbps yang merupakan roadmap penerapan 5G di masa mendatang.

Telkomsel berupaya untuk mengedepankan inovasi dari sisi produk dan layanan, jaringan, serta teknologi untuk menghadirkan pengalaman mobile digital lifestyle yang semakin berkualitas bagi pelanggan.

Telkomsel terus menggelar BTS broadband di berbagai lokasi di Indonesia. Adapun komposisi BTS broadband secara nasional adalah sekitar 61% dari total keseluruhan 129.000 BTS yang tersebar hingga ke wilayah pulau terdepan, pelosok, dan daerah perbatasan (fyk/fyk)
-
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed