Gig, Internet Fiber 1 Gbps ala Indosat Ooredoo

Gig, Internet Fiber 1 Gbps ala Indosat Ooredoo

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Kamis, 18 Feb 2016 15:41 WIB
Foto: detikcom/Anggoro Suryo Jati
Jakarta - Indosat Ooredoo meluncurkan layanan koneksi internet rumahan dengan kecepatan maksimal 1 Gbps, yang bernama Gig.

Gig adalah layanan internet untuk rumah dengan koneksi fiber optik, berkecepatan antara 5 Mbps sampai 1 Gbps. Tarif yang dipatok untuk layanan internet broadband ini berkisar dari Rp 250 ribu sampai Rp 5,5 juta.

Meski banyak provider lain yang menawarkan layanan serupa, seperti First Media, Indihome, My Republic, dan lainnya, namun sampai saat ini baru Indosat yang menawarkan kecepatan maksimal 1 Gbps.

"Ini merupakan kelanjutan dari semangat baru kami dalam membangun Indonesia Digital Nation," ujar Presdir dan CEO Indosat Ooredoo, Alexander Rusli dalam acara peluncurannya di kantor pusat Indosat di Jakarta, Kamis (18/2/2016).

Layanan Gig sebenarnya sudah aktif sejak Q2 2015 lalu, atau tepatnya sudah 9 bulan berjalan. "Selama 9 bulan itu Gig sudah terpasang di 100 ribu rumah," ujar Prashant Gokarn,Chief New Business & Innovation Officer Indosat Ooredoo dalam acara yang sama.

Saat ini Gig sudah tersedia di sejumlah apartemen yang berlokasi Jabodetabek dan Bandung. Selama tahun 2016 ini, Indosat menargetkan pasarnya ke kota besar lain seperti Surabaya, Yogyakarta, Semarang, Makassar, Balikpapan dan Bali. "Kami akan menambah cakupan di 10 sampai 12 kota tahun 2016 ini," ujar Arpad Istvan Kiraly Commercial and Business Director IM2.

Indosat juga menggandeng Google dalam menggelar layanan internet ini. Bentuk kerja samanya adalah setiap pelanggan Gig akan mendapat Google Chromecast dan 50GB storage di Google Drive secara gratis. Sementara untuk pelanggan paket tertentu juga bisa mendapat Chromebook secara gratis.

"Ini pertama kalinya Google merilis Chromecast di Indonesia, hasil kerja sama dengan Indosat. Produk ini sangat populer di negara lain, sudah terjual lebih dari 20 juta unit, dan kami percaya produk ini juga akan sukses di Indonesia," ujar Veronica Utami, Head of Marketing, Google Indonesia dalam acara yang sama. (asj/fyk)