4G LTE Berca Diklaim Tembus 125 Mbps

4G LTE Berca Diklaim Tembus 125 Mbps

M. Alif Goenawan - detikInet
Sabtu, 04 Jul 2015 09:04 WIB
Acara peluncuran 4G LTE Berca (alif/detikINET)
Jakarta -

Berca Hardayaperkasa resmi merilis Hinet, layanan akses internet berbasis teknologi 4G LTE. Dan layanan internet super cepat tersebut diklaim bisa mencapai kecepatan 125 Mbps.

Berca sendiri sebelumnya dikenal sebagai perusahaan penyedia layanan internet berbasis teknologi Worldwide Interoperability for Microwave Access (WiMAX) dengan produknya bernama WiGO. Hanya saja, seiring berkembangnya teknologi, jaringan ini pun semakin terkikis. Penyedia layanan berbasis WiMAX semisal First Media pun lambat laun meninggalkan layanan tersebut dan beralih ke 4G LTE.

Agar tak ketinggalan dengan kompetitornya, Berca pun kemudian mulai menjajaki 4G LTE. "Hari ini bisa dikatakan menjadi sebuah milestone bagi Berca, dimana kami akan mewujudkan komitmen kami untuk merilis layanan internet berbasis 4G LTE yang sudah kami rencanakan sejak beberapa tahun yang lalu," ujar COO Berca Hardayaperkasa, Linggajaya Budiman di Holiday Inn Express, Kemayoran, Jakarta, Jumat (3/7/2015).

Menurutnya, dengan penyebaran jaringan 4G LTE yang tengah dilakukan oleh pihaknya, nantinya layanan Hinet mampu memiliki kecepatan internet hingga 125 Mbps. Di tahap awal, Berca akan menyediakan dua jenis perangkat, yakni mobile Wi-Fi dan indoor Wi-Fi.

"Dengan demikian, diharapkan masyarakat Indonesia juga akan lebih siap dalam menghadapi era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) 2015," tambahnya.

Dalam praktiknya, layanan Hinet mengadopsi teknologi 4G LTE versi time division duplex (TDD) yang berjalan di frekuensi 2,3 GHz. Untuk lebar pitanya sendiri, Berca mendapat lisensi Broadband Wireless Access (BWA) dengan lebar spektrum 30 MHz.

Lebih lanjut Lingga mengatakan jika pihaknya siap merilis Hinet dalam waktu dekat di tiga wilayah, yakni Bali, Makassar, dan Pekanbaru dengan total jumlah BTS sebanyak 400 BTS. "Kami akan terus mengembangkan layanan 4G LTE ini ke beberapa wilayah lainnya seiring dengan ijin penyelenggaraan yang telah kami miliki," pungkas Lingga.

Indonesia saat ini memang tengah disemaraki oleh gegap gempita era 4G LTE. Tak hanya Berca, lima operator ternama, seperti XL, Telkomsel, Indosat, Tri, dan Smartfren pun bersiap-siap untuk merilis layanan 4G LTE di frekuensi 1800 MHz dan 2,3 Ghz yang dilakukan serentak pada tanggal 6 Juli 2015.

(asj/asj)