Jumat, 14 Agu 2009 13:17 WIB

Satelit Palapa D untuk Pemersatu Indonesia

- detikInet
Jakarta - Sejuta harapan turut menyertai Satelit Palapa D milik Indosat yang rencananya akan diluncurkan akhir Agustus 2009 nanti. Satelit diharapkan bisa mempersatukan Indonesia layaknya Sumpah Palapa yang digaungkan Mahapatih Gajah Mada.

Sejatinya, meski satelit Palapa D akan diluncurkan di Xichang, China, namun nantinya pusat kendali tetap ada di Indonesia. Pusat kendali satelit itu terletak di stasiun bumi Jatiluhur, Purwakarta, Jawa Barat.

Oleh Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi, Jatiluhur di ilustrasikan dalam dua makna yang menyatu. "Jati itu pohon yang kuat. Sedangkan luhur adalah jangkauan cita-cita yang tanpa batas. Keduanya merupakan cermin Indonesia."

"Dengan demikian, Jatiluhur yang mengendalikan satelit Palapa D, semoga dapat mempertautkan Indonesia seperti halnya Sumpah Palapa," ujarnya dalam sambut peresmian gedung pengendali satelit Palapa D, di Jatiluhur, Jawa Barat, Jumat (14/8/2009).

Direktur Kelembagaan Internasional Ditjen Postel Ikhsan Baidirus, mengamini pendapat Dedi. "Satelit harusnya bisa mengurangi digital divide dan diharapkan bisa menambah jumlah titik akses pita lebar," katanya.

Satelit diharap pemerintah bisa untuk berdayakan akses internet pita lebar, khususnya lewat transponder KU Band. "Itu masa depan kita. Transponder itu bekerja di wilayah mana saja. Tidak mutlak di Indonesia saja. Semakin luas coverage-nya, makin terasa benefitnya," pungkas Ikhsan.


(rou/faw)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed