Selasa, 21 Feb 2012 18:52 WIB

Komunitas Internet Cerdas Indonesia Sambangi Markas Google

- detikInet
Jakarta - Peredaran konten negatif di internet, membuat netter lokal harus lebih peduli dengan penggunaan kemajuan teknologi tersebut. Salah satunya adalah komunitas Internet Cerdas Indonesia (ICI) yang aktif dalam mengkampanyekan penggunaan internet secara cerdas, positif dan produktif.

Komunitas ini sendiri berasal dari Situbondo, Jawa Timur dan sekarang telah tersebar di lebih dari 10 kota di Indonesia. Beberapa waktu lalu, mereka pun berkesempatan untuk mengunjungi markas raksasa internet, Google, di Singapura.

Lawatan ini sendiri sebagai apresiasi dari tim Internet Sehat setelah turut serta dalam kompetisi video kebebasan berekspresi di internet yang disponsori Google, Ford Fondation, Blog Detik dan ICT Watch.

Ini bukan sekadar kunjungan biasa, karena dalam acara tersebut para rombongan yang berjumlah sekitar 14 orang melakukan kunjungan dan diskusi ke beberapa tempat yang menarik sebagai materi untuk menambah pengetahuan dan pengalaman.

Rahmat Saputra, penggagas komunitas ICI yang ikut bertandang ke Singapura mengatakan, dirinya sangat senang bisa mendapatkan kesempatan ini karena tidak semua orang bisa berkunjung ke kantor Google yang menangani seluruh aktifitas Google di kawasan Asia Tenggara itu.

\\\"Terlebih karena kantor mereka sangat rahasia dan tidak terbuka untuk umum,\\\" tukasnya, dalam keterangan tertulis kepada detikINET<\/strong>, Selasa (21\/2\/2012).

Komunitas ICI yang digagas di Situbondo 3 tahun lalu itu memang aktif dalam mengkompanyekan penggunaan internet. Berbagai event seperti seminar, pelatihan, workshop dan kopdar sering diadakan untuk menjaring lebih banyak anak muda dalam kompanye ini.

Beberapa program yang sangat diminati oleh anggota komunitas adalah entrepreneurship berbasis internet, menulis dan berbagi serta kampanye gerakan Internet Cerdas Indonesia.

\\\"sekarang anggota Komunitas ICI tersebar di lebih dari 10 kota di Indonesia, Komunitas ICI juga terbuka untuk umum, siapa saja bisa menjadi anggota komunitas ini dan berkonstribusi di dalamnya sesuai kapasitasnya masing-masing, baik secara offline maupun online. https:\/\/internetcerdasindonesia.org\/bergabung-bersama-ici\/,\\\" imbuh Rahmat.

Komunitas ICI juga menjadi salah satu komunitas yang mendapatkan penghargaan tingkat nasional sebagai Young Changemakers oleh Ashoka akhir tahun 2010, yang dinominasikan dalam ajang Satu Indonesia pertengahan tahun 2011.

Selain itu ada pula apresiasi sebagai finalis IPA Social Innovation & Entrepreneurship Award 2011 yang diadakan oleh IPA (Indonesian Professional Association) di Singapura pada bulan November, 2011.

Dan beberapa hari lalu, penggagas Komunitas ICI terpilih sebagai salah satu dari 100 pemuda pembuat perubahan di Indonesia (Indonesian Young Chagemakers) dan diundang langsung dalam acara Indonesia Young Changemakers Summit (IYCS) di Bandung.

\\\"\\\"
Kredit foto: https:\/\/internetcerdasindonesia.org<\/em>

(ash/fyk)
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed