Mengenal Apa Itu Firewall dan Fungsinya

Mengenal Apa Itu Firewall dan Fungsinya

ADVERTISEMENT

Mengenal Apa Itu Firewall dan Fungsinya

Jihaan Khoirunnisa - detikInet
Rabu, 05 Okt 2022 21:16 WIB
IndiHome
Foto: Dok. IndiHome
Jakarta -

Bicara soal keamanan perangkat komputer tentu tidak terlepas dari fungsi penting firewall. Opsi pengaturan ini memiliki ikon berbentuk bola dunia dengan batu bata merah yang khas, sehingga cukup mudah diingat.

Mengutip Spiceworks, fitur firewall memiliki fungsi selayaknya pagar yang menjaga komputer dari ancaman eksternal yang muncul di jaringan internet. Seperti diketahui, jaringan internet memiliki banyak sekali ancaman, seperti virus yang dapat merusak data penting pada perangkat komputer.

Nah dengan firewall, maka kamu bisa mengubah pengaturan data, informasi, juga berbagai kegiatan yang boleh berlalu lalang dalam internet ke PC maupun sebaliknya.

Apa Itu Firewall?

Fungsi utama dari firewall yaitu untuk mengamankan komputer dari berbagai ancaman di dunia maya. Jenis firewall ada 2 dengan konfigurasi atau pengaturan yang berbeda.

Pertama adalah firewall dengan basis hardware. Ini merupakan peranti yang ada dalam sistem jaringan seperti router. Cara kerjanya menggunakan teknik filter yang dapat menentukan packet utama, sumber, maupun tujuannya.

Jika dilihat secara internal, sistem akan melakukan perbandingan data sesuai dengan aturan yang sudah ditetapkan. Selanjutnya, peranti ini akan memutus data-data yang atau sebaliknya dengan meneruskan ke tujuan.

Mengenal apa itu firewall selanjutnya adalah berbasis software atau perangkat lunak sebagai solusi pengguna internet yang ada di rumah. Umumnya firewall jenis ini akan berbentuk aplikasi terpisah. Atau menjadi fitur tambahan dalam antivirus.

Jenis dengan menggunakan basis software akan melindungi trafik inbound maupun outbound. Selain itu, kamu juga bisa mencegah perangkatmu dari berbagai malware berbahaya seperti Trojan atau Worm.

Fungsi Firewall

Tidak hanya menjamin keamanan perangkat komputer saja. Firewall ternyata memiliki sejumlah fungsi lain yang tidak kalah pentingnya. Berikut adalah beberapa fungsi lain agar kamu bisa lebih mengenal apa itu firewall.

1. Menghindari Hacker

Fitur firewall bisa menjadi sekat untuk memisahkan data internal dengan akses yang di luar. Karena itu fitur ini juga dapat mencegah peretas/ hacker maupun pengguna asing yang ingin mengakses data-data penting dalam perangkat.

Sebagian orang belum mengenal apa itu firewall sehingga tidak merasa perlu untuk memasangnya di komputer. Padahal dengan begitu membuat data dalam perangkat rawan dicuri dan dapat digunakan untuk hal-hal tidak diinginkan.

2. Blokir Pesan dan Konten yang Tidak Diinginkan

Mengaktifkan fitur keamanan ini juga bisa meminimalisir pesan spam yang tidak diinginkan. Selain mengganggu aktivitas, bukan tidak mungkin pesan-pesan spam tersebut mengandung virus berbahaya yang bisa membahayakan komputer.

Nah dengan firewall, maka pesan spam serta website yang berbahaya dapat diblokir. Kamu juga bisa mengatur manual konten apa saja yang tidak boleh dan boleh diakses dalam perangkat.

3. Memonitor Bandwidth

Selain untuk keamanan, manfaat lainnya adalah untuk melakukan monitor serta membatasi penggunaan bandwidth. Misalnya saja dengan memberikan batasan untuk konten hiburan atau musik dan lebih mengutamakan konten bisnis.

4. Akses Layanan VPN

Dengan mengenal apa itu firewall, kamu juga bisa memanfaatkannya untuk menikmati fasilitas VPN. Sehingga kamu dapat mengakses konten-konten yang diblokir pihak tertentu dan meningkatkan produktivitas maupun sharing data.

Firewall merupakan salah satu fitur penting dalam perangkat komputer untuk keamanan ketika terkoneksi internet. Dengan mengenal apa itu firewall dan memanfaatkannya, maka kamu bisa lebih nyaman berselancar di dunia maya.

Selain menggunakan perlindungan dari firewall, kamu juga bisa berselancar di dunia maya dengan aman menggunakan SMOOA dari TelkomGroup. Selain aman, IndiHome SMOOA juga terbilang lebih hemat dan efektif untuk digunakan bersama keluarga.

Kamu akan mendapatkan kuota internet Telkomsel yang dapat dibagikan ke 3 hingga 6 nomor. Serta bisa melakukan telepon dan SMS gratis sepuasnya ke sesama nomor yang terdaftar. Semua produk SMOOA bisa kamu lihat dengan mengunjungi website resminya.

(akd/ega)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT