Berapa Gaji Hacker? Ini Bocorannya

ADVERTISEMENT

Berapa Gaji Hacker? Ini Bocorannya

Fino Yurio Kristo - detikInet
Jumat, 16 Sep 2022 08:15 WIB
Ilustrasi hacker
Foto: NurPhoto via Getty Images/NurPhoto
Jakarta -

Hacker bukan hanya bekerja sendiri atau bersama kelompoknya. Ada juga di antara mereka yang bekerja di perusahaan dan digaji seperti umumnya pegawai. Lantas, berapa kira-kira gaji hacker?

Seperti dikutip detikINET dari Coursera, hacker semacam itu disebut ethical hacker atau hacker etis. Mereka melakukan penilaian keamanan dengan teknik yang sama dengan hacker, tapi atas persetujuan organisasi atau perusahaan.

Tujuannya adalah untuk menggunakan taktik atau teknik yang mungkin dipakai hacker jahat sebagai cara menemukan kelemahan sistem perusahaan dan tentu saja setelahnya, keamanannya diperkuat agar tidak sampai bisa ditembus.

Hacker etis bisa dipekerjakan sebagai karyawan full time atau konsultan. Perusahaan yang bergerak di bidang belanja online, komputasi awan, institusi finansial sampai hiburan mungkin mempekerjakan hacker etis.

Nah untuk gambaran gajinya di Amerika Serikat ternyata cukup lumayan. Menurut beberapa website perbandingan gaji, pendapatan rata-rata hacker etis di AS adalah antara USD 67 ribu sampai USD 103 ribu per tahun, atau antara Rp 1 miliar sampai Rp 1,5 miliar.

Sama seperti pegawai lain, penentuan gaji hacker tergantung beberapa faktor. Sebut saja level pengalamannya, edukasi, lokasi, kondisi perusahaan dan sertifikasi keahlian apa saja yang sudah diraih.

Menurut situs perbandingan gaji Glasdoor, gaji rata-rata hacker etis dengan pengalaman maksimal satu tahun di AS adalah USD 78 ribu atau sekitar Rp 1,1 miliar.

Sedangkan hacker yang sudah berpengalaman, antara 7 sampai 9 tahun, bisa memperoleh gaji rata-rata sebesar USD 105 ribu atau sekitar Rp 1,5 miliar. Sayangnya di Indonesia, belum ada data pasti yang dikemukakan soal seberapa tinggi gaji seorang hacker.

[Gambas:Youtube]



(fyk/afr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT