Luhut Sampai Anies Tepis Data Pribadi yang Dibocorkan Bjorka

ADVERTISEMENT

Luhut Sampai Anies Tepis Data Pribadi yang Dibocorkan Bjorka

Tim - detikInet
Selasa, 13 Sep 2022 15:45 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memenuhi panggilan KPK hari ini. Sambil membawa map biru, Anies dimintai keterangan terkait dugaan korupsi Formula E.
Anies Baswedan (Foto: Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta -

Data pribadi beberapa pejabat dibocorkan oleh hacker Bjorka. Namun sebagian dari pejabat itu menyatakan data yang dikeluarkan salah atau tidak tepat. Berikut rangkumannya:

Luhut Pandjaitan

Data pribadi Menko Manrives Luhut Binsar Pandjaitan termasuk yang dibocorkan hacker Bjorka. Data diunggah di akun bjorka yang kini statusnya 'disuspend', sehingga tak bisa diakses. Meski begitu, potongan tangkapan layar data terlanjur viral. Narasi yang berkembang menyebut beberapa menteri belum vaksinasi COVID-19 booster atau dosis ketiga.

Salah satunya yakni Luhut. Namun, setelah ditelusuri lebih lanjut melalui pengecekan manual PeduliLindungi berdasarkan data NIK yang beredar, Luhut dinyatakan sudah melakukan vaksinasi COVID-19 booster atau vaksin COVID-19 dosis ketiga.

Temuan tersebut juga dikonfirmasi oleh juru bicara Kemenko Marinves, Jodi Mahardi. "Pak Menko sudah booster kok. Ada sertifikat vaksin ketiga-nya tertanggal 8 Januari 2022," terang dia kepada detikcom, Senin (12/9).

Anies Baswedan

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan turut merespons kabar data dirinya dibuka oleh hacker Bjorka. Namun Anies menyayangkan data diri yang dibocorkan Bjorka tentang dirinya ada yang salah.

"Iya, sayang. Nomor induk kependudukannya salah. Nomor HP-nya juga salah," kata Anies Baswedan di DPRD DKI Jakarta, Jl Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Selasa (13/9/2022).

Diketahui, data pribadi Anies Baswedan yang disebar melalui akun Telegram Bjorka itu memuat nama, alamat, NIK hingga nomor telepon pribadinya. Meski begitu, Anies menyebut data diri yang disebarkan kebanyakan salah. "Jadi saya nggak tahu, datanya yang salah yang mana. Tapi yang jelas salah," jawabnya.

Mahfud MD

Salah satu yang menjadi korban kejahilan Bjorka adalah Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud Md. Meski data pribadinya dibocorkan oleh Bjorka, tetapi Mahfud Md masih santai. Ia tidak khawatir meski Bjorka mengklaim mempunyai data dirinya dan sebagian telah dibocorkan.

"Banyak yang japri (komunikasi pribadi) saya bahwa data pribadi saya dibocorkan oleh Bjorka hacker. Saya tak ambil pusing dan tak ingin tahu," cuit Mahfud Md di akun Twitter resminya

Dia mengungkapkan bahwa data pribadinya itu bisa ditemukan di situs yang umum di internet. "Sebab data pribadi saya bukan rahasia. Bisa diambil dan dilihat di Wikipedia (Google), di sampul belakang buku-buku saya, di LHKPN KPK," kata Mahfud.



Simak Video "Hacker Bjorka Bersuara soal Penangkapan Pemuda Madiun Diduga Dirinya"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT