Nonton Stranger Things Bajakan? Awas Data Pribadi Bocor

ADVERTISEMENT

Nonton Stranger Things Bajakan? Awas Data Pribadi Bocor

Anggoro Suryo - detikInet
Minggu, 24 Jul 2022 17:02 WIB
Ilustrasi Phishing
Ilustrasi Phishing. Foto: Dok. Kaspersky
Jakarta -

Musim ke-4 dari Stranger Things dirilis pada awal Juli lalu, seketika itu juga bermunculan serangan siber yang mengincar penggemar serial ini muncul di dunia maya.

Sebagai salah satu musim yang ditunggu-tunggu oleh para penggemar setianya, tak aneh jika Stranger Things langsung melesat ke jajaran serial terpopuler bulan ini. Sayangnya, antusiasme penggemarnya ini disalahkangunakan oleh para penipu.

Peneliti Kaspersky menemukan banyak contoh email spam dan halaman phishing yang dirancang untuk mencuri uang dan informasi pribadi para penggemar ini.

Meski episode baru sudah dirilis, namun para penggemar masih belum aman, karena tidak semuanya memilih untuk menonton serial tersebut di situs resminya. Ketika pengguna menolak untuk membayar langganan layanan streaming dan memilih untuk menontonnya melalui situs tidak sah, akhirnya mereka membayar harga yang lebih mahal dengan kehilangan informasi pribadi dan data kartu perbankan.

Beberapa pelaku kejahatan siber telah memberikan penawaran kepada pengguna "tontonlah episode baru hanya dengan USD 1." Untuk mengakses penawaran ini, pengguna diminta untuk mendaftarkan akun baru dan memasukkan alamat dan detail bank mereka. Setelah memasukkan informasi, penipu kemudian menguras rekening korban, dan tanpa memberikan akses menuju serial tersebut.

Pakar Kaspersky telah mendeteksi email spam yang juga menyalahgunakan popularitas Stranger Things. Email tersebut digunakan untuk menjual produk dengan kualitas yang mencurigakan dan disebarkan melalui email promosi tanpa persetujuan penerima.

Misalnya, di salah satu email spam, pengguna diberi kesempatan untuk membeli kaos grafis edisi terbatas yang terkait dengan musim terbaru Stranger Things. Situs ini mendukung semua fitur bahasa dan mata uang untuk pembayaran.

Ini mungkin bukan halaman phishing, tetapi fakta bahwa iklan produk ini dipromosikan melalui spam dan domain yang baru dibuat menimbulkan kecurigaan tentang keamanan pembeliannya.

"Final musim keempat adalah roller coaster bagi banyak penggemar, termasuk saya sendiri, sebagai penggemar pribadi acara tersebut. Namun, antusiasme penggemar Stranger Things yang besar cukup menarik perhatian para pelaku kejahatan siber dan scammers yang selalu mencoba untuk memperoleh uang dari euphoria ini. Penggemar harus berhati-hati karena dengan memilih menghemat uang untuk berlangganan layanan streaming dapat menyebabkan mereka kehilangan lebih banyak," jelas Olga Svistunova, pakar keamanan di Kaspersky, dalam keterangan yang diterima detikINET.

Cara menghindari penipuan di dunia maya menurut Kaspersky:

  • Hindari tautan yang menjanjikan penayangan awal film atau serial TV.
  • Periksa keaslian situs web sebelum memasukkan data pribadi, dan hanya gunakan halaman web resmi dan tepercaya untuk menonton atau mengunduh film.
  • Periksa ulang format URL dan ejaan nama perusahaan
  • Perhatikan ekstensi file yang diunduh. File video tidak akan pernah memiliki ekstensi .exe atau .msi
  • Gunakan solusi keamanan yang andal


Simak Video "Mengunjungi Dunia Upside Down Stranger Things di Jakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/rns)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT