Jangan Pernah Klik Link Ini Kalau Sedang Main Facebook!

ADVERTISEMENT

Jangan Pernah Klik Link Ini Kalau Sedang Main Facebook!

Aisyah Kamaliah - detikInet
Minggu, 17 Jul 2022 06:16 WIB
Ilustrasi Facebook
Jangan Pernah Klik Link Ini Kalau Sedang Main Facebook! Foto: Reuters
Jakarta -

Penipuan alias phishing di media sosial, salah satunya Facebook, masih banyak terjadi. Jangan sampai kamu jadi korbannya karena asal klik link yang berciri-ciri seperti ini.

Sebenarnya apa itu phishing? Bagaimana bentuk phising dan contoh dari phishing? Penipuan model phishing ini biasanya dilakukan oleh pelaku kejahatan siber yang akan menyerupai seperti orang yang kita kenal. Kemudian, mereka akan mengirim pesan jebakan yang ditulis dengan nada yang akrab 'Lihat deh ini' atau 'Look what i found'.

Bukan, kamu tidak akan melihat foto hewan imut atau lucu, bukan juga foto menarik lainnya. Phishing akan membuat pengguna diarahkan halaman yang menyerupai login ulang ke Facebook.

Padahal, yang sebenarnya terjadi adalah itu bukan Facebook sungguhan melainkan website yang didesain semirip mungkin dengan Facebook. Nantinya, data kamu akan dicuri atau bahkan terjadi pengambilalihan akun.

Melansir IFL Science, Minggu (17/7/2022) ini hanyalah salah satu dari sekian banyak penipuan yang marak belakangan ini, dan seringkali orang tidak menyadari bahwa mereka telah menjadi korban. Yang sempat viral adalah serangkaian penipuan yang mencoba membuat orang berinvestasi dalam kripto. Padahal itu adalah jebakan untuk pengambilalihan akun.

Penipuan zaman sekarang makin susah untuk ditebak, karena itu, yuk detikers lebih waspada!

Lihat juga video 'Belum Daftar PSE, Google-Netflix Terancam Diblokir Kominfo':

[Gambas:Video 20detik]



(ask/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT