Jangan Lakukan Hal Ini di Publik dengan HP Kamu, Pokoknya Jangan!

Jangan Lakukan Hal Ini di Publik dengan HP Kamu, Pokoknya Jangan!

Aisyah Kamaliah - detikInet
Minggu, 01 Mei 2022 07:01 WIB
Ilustrasi konten viral
Jangan Lakukan Hal Ini di Publik dengan HP Kamu, Pokoknya Jangan! Foto: Shutterstock
Jakarta -

Ketika di depan publik, ada etika yang harus dijaga, termasuk ketika sedang menggunakan HP yang kamu pegang sekarang. Tak cuma masalah etika, ada beberapa hal yang sebaiknya dihindari ketika sedang ada di publik demi menjaga keamanan HP kamu.

Apa saja hal-hal yang seharusnya tidak dilakukan di publik dengan HP? Berikut ini dirangkum detikINET dari berbagai sumber, sejumlah hal yang bisa kamu hindari.

1. Memakai WiFi publik

Ketika kepepet, kuota habis, dan masih di tengah perjalanan mudik, WiFi publik bisa dipakai untuk sementara. Tapi, jangan asal memakai WiFi publik karena risikonya juga ada. Mulai HP yang rentan dihack hingga ancaman peretasan aplikasi perbankan yang ada di smartphone, pikir ulang sebelum memakai WiFi publik.

2. Konek dengan sembarang kabel USB

Terkoneksi dengan kabel USB yang sembarangan bisa menjadi ancaman transfer data. Data yang ada di HP bisa dikirim ke media lain yang diinginkan oleh orang jahat.

3. Memotret privasi seseorang demi konten

Melihat ada keributan sedikit, jangan langsung buru-buru ambil HP untuk merekam dan memviralkannya. Walaupun ada sejumlah contoh kebaikan yang terjadi dari hasil video viral, kamu harus bisa membedakan apakah itu sudah masuk ke ranah privasi seseorang atau tidak.

4. Bicara kencang-kencang saat bertelepon

Apalagi sampai mengaktifkan speaker untuk membuat suara terdengar semakin menggelegar. Sebaiknya bicara pelan-pelan dan jangan sampai mengganggu orang yang ada di sekitarmu.



Simak Video "Aksi Polantas Malang Bantu Ibu Hamil Muda Sesak Napas"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/rns)