Tips Hemat Baterai HP Android dan iPhone untuk Perjalanan Mudik

Tips Hemat Baterai HP Android dan iPhone untuk Perjalanan Mudik

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Senin, 25 Apr 2022 19:45 WIB
Jakarta -

HP mungkin adalah salah satu perangkat penting untuk bermacam kebutuhan saat mudik, terutama selama perjalanan mudik Lebaran. Ini deretan tips untuk menghemat baterai agar HP tetap bisa menyala selama perjalanan.

Selama perjalanan mudik, HP punya berbagai peran yang cukup penting. Seperti sebagai sarana navigasi, hiburan, dan tentunya komunikasi. Karena itulah cukup penting untuk menjaga agar HP tetap bisa beroperasi selama perjalanan mudik.

Dihimpun detikINET, Senin (25/4/2022) berikut adalah 7 tips hemat baterai HP saat perjalanan mudik:

1. Aktifkan Mode Hemat Daya

Ini adalah cara paling mudah untuk menjaga agar konsumsi daya baterai tidak berlebihan. Setiap HP punya berbagai pengaturan berbeda, dari yang sekadar aktif - tidak aktif, sampai yang punya berbagai mode, seperti medium sampai optimum. Tinggal pilih sesuai kebutuhan.

2. Matikan Aplikasi Tak penting

Aplikasi di HP tetap aktif di latar belakang walaupun sudah dikeluarkan. Untuk membatasinya, masuk ke Settings, kemudian Apps, pilih aplikasi yang ingin dibatasi, kemudian pilih Battery dan tekan opsi Restrict in the Background.

3. Aktifkan Airplane Mode saat HP Tak Digunakan

Berada di perjalanan dengan kecepatan relatif tinggi (mobil, kereta, atau lainnya) membuat HP bekerja keras untuk mencari sinyal dari BTS satu ke BTS lainnya. Jadi, saat ponsel sedang tak digunakan, ada baiknya nyalakan saja airplane mode.

Bisa juga memanfaatkan perangkat lain (jika punya) untuk mengakses internet, misalnya MiFi atau bisa juga HP lain yang tak dipakai. Dengan begitu, HP utama konsumsi dayanya akan lebih sedikit karena hanya menggunakan WiFi.

Halaman selanjutnya: Wallpaper dan notifikasi >>>