Deretan Produk Baru Akamai untuk Jaga Keamanan Siber

Deretan Produk Baru Akamai untuk Jaga Keamanan Siber

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Rabu, 27 Apr 2022 21:42 WIB
Akamai
Foto: Dok. Akamai
Jakarta -

Akamai Technologies, perusahaan cloud yang salah satu fokusnya menjagai keamanan siber, merilis deretan produk baru dan pembaruan untuk jajaran produk keamanan dan komputasinya yang sudah ada saat ini.

Pengumuman ini sekaligus menandai masuknya Akamai ke pasar infrastructure as a service (IaaS), yakni melalui rilis Linode Managed Database, Audience Hijacking Protector, serta sejumlah fitur baru untuk pengembang dan profesional di bidang keamanan siber.

"Rilis produk dan pembaruan minggu ini menekan pada satu hal: mendukung dan melindungi kehidupan online," ujar Ari Weil, wakil presiden global untuk pemasaran produk Akamai, dalam keterangan yang diterima detikINET, Rabu (27/4/2022).

"Salah satunya adalah Linode Managed Database yang menjadi produk pertama dalam jajaran produk komputasi kami. Dengannya, pelanggan dapat mengakses banyak alat, berapa pun besar beban kerjanya. Distribusi platform komputasi Akamai pun jadi yang paling lengkap di seluruh dunia, dari cloud hingga edge," tambahnya.

Linode Managed Database

Linode Managed Database diklaim bisa memudahkan dalam penerapan database, membantu mengurangi risiko yang dihadapi pengembang, dan meminimalkan kompleksitas yang timbul dari pengelolaan klaster database produksi secara manual.

Managed database merupakan produk yang paling kerap diminta oleh pelanggan Linode. Linode Managed Database menjadi produk perdana yang menjadi tonggak Akamai dalam merambah bisnis jajaran komputasi. Rilis layanan ini merupakan buah akuisisi Linode olehnya pada Maret tahun ini demi ambisinya mengembangkan platform komputasi paling andal dan terdistribusi di dunia, dari cloud hingga edge.

Akamai akan menawarkan Linode Managed Database untuk MySQL di 11 pusat data global Linode, dengan dukungan untuk PostgreSQL, Redis, dan MongoDB yang akan menyusul pada kuartal kedua 2022.

Audience Hijacking Protector dan fitur keamanan lainnya

Audience Hijacking Protector adalah solusi baru untuk para pelaku bisnis online untuk memaksimalkan peluang pendapatan dan menekan potensi penipuan pemasaran dalam proses pembelian.

Di tengah semakin meningkatnya ritel online, tim keamanan dari berbagai merek online menghadapi sebuah fenomena yang meluas di kalangan pelanggan, yaitu audience hijacking. Akibat peristiwa ini, peritel harus semakin intens dalam mengatasi masalah. Munculnya iklan dan pop up yang tidak sah membuat calon pembeli tidak berminat lagi pada toko online mereka, sehingga potensi pendapatan pun hilang.

Akamai pun merilis sejumlah fitur baru dalam bidang keamanan aplikasi untuk membantu perusahaan melindungi pelanggannya dari ancaman di lingkungan online, baik itu di browser internet, aplikasi seluler, selama interaksi API, maupun di edge.

Penyempurnaan alur kerja bagi pengembang dengan EgdeWorkers

Beban kerja komputasi di lingkungan edge semakin meningkat dan oleh karenanya Akamai membuat beberapa penyempurnaan untuk produk EgdeWorkers.

Dengan demikian, tim pengembang dapat memanfaatkan jaringan Akamai untuk membuat layanan mikro dan mengakses komputasi yang aman dan cepat di edge.

Akamai memberi keleluasaan yang lebih fleksibel bagi pengembang untuk membuat, mengeksekusi, dan men-debug fungsi EdgeWorkers melalui integrasi baru, batas tingkatan yang lebih tinggi untuk penggunaan sumber daya, dan dukungan bagi pelanggan yang menggunakan TLS standar. Sebagai lingkungan sandbox pembuatan prototipe yang baru, Hello Akamai! kini tersedia bagi mereka yang tertarik mencoba EdgeWorkers.



Simak Video "Canggih! Petani Durian Ini Kontrol Tanamannya Lewat Laptop"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)