Jangan Klik Link Ini Saat Main Facebook, Pokoknya Jangan!

Jangan Klik Link Ini Saat Main Facebook, Pokoknya Jangan!

Aisyah Kamaliah - detikInet
Senin, 28 Mar 2022 09:20 WIB
Facebook Messenger
Jangan Klik Link Ini Kalau Sedang Main Facebook, Pokoknya Jangan! Foto: istimewa
Jakarta -

Phishing kerap menjadi momok menakutkan di era modern. Penipuan ini menjerat korban yang terlena untuk mengklik sesuatu yang ternyata sebuah link yang bisa membobol data pribadi.

Jangan pernah asal klik link ketika sedang membuka Facebook Messenger, itu adalah petuah yang harus detikers pegang. Tapi seperti apa biasanya phishing berbentuk? Seperti apa contoh phishing?

Penipuan ini biasanya dilakukan oleh akun yang nampaknya seperti kita kenal, teman dekat atau mungkin saudara. Kemudian, pesannya ditulis dengan nada yang kasual 'Lihat deh ini' atau 'Look what i found'.

Alih-alih berisikan foto lucu hewan imut atau foto menarik lainnya, phishing diikuti dengan sebuah link. Setelah mengklik link tersebut, pengguna akan diarahkan untuk login ulang ke Facebook -- yang sebenarnya bukan Facebook sungguhan melainkan website yang didesain semirip mungkin Facebook sehingga bisa mencuri data atau mengambilalih akun.

Melansir IFL Science, ini hanyalah salah satu dari sekian banyak penipuan yang marak belakangan ini, dan seringkali orang tidak menyadari bahwa mereka telah menjadi korban. Yang sempat viral adalah serangkaian penipuan yang mencoba membuat orang berinvestasi dalam crypto di Instagram.

Penipuan era sekarang lebih sulit dikira, karenanya harus ekstra waspada ketika menemukan link yang mencurigakan. Berhati-hatilah jika pesannya tidak biasa, tidak terduga atau jika tata bahasanya tidak seperti seharusnya. Tanyakan tentang tautan tersebut, pastikan itu adalah profil asli, dan hubungi orang tersebut melalui metode lain jika menurut kamu profilnya telah disusupi.



Simak Video "Wanita Ini Rugi Puluhan Juta Gegara Tergiur Minyak Goreng Murah"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/ask)