Awas! HP Android Murah Terancam Dibobol Hacker

Awas! HP Android Murah Terancam Dibobol Hacker

Virgina Maulita Putri - detikInet
Senin, 21 Mar 2022 14:18 WIB
Darkweb, darknet and hacking concept. Hacker with cellphone. Man using dark web with smartphone. Mobile phone fraud, online scam and cyber security threat. Scammer using stolen cell. AR data code.
Awas! HP Android Murah yang Pakai Chip Ini Terancam Dibobol Hacker Foto: Getty Images/iStockphoto/Tero Vesalainen
Jakarta -

Puluhan jenis ponsel Android murah terancam dibobol hacker. Sebabnya ponsel-ponsel tersebut menggunakan chip Unisoc yang memiliki celah keamanan yang bisa dimanfaatkan oleh hacker.

Celah ini ditemukan oleh perusahaan keamanan mobile Kryptowire. Jika celah tersebut dibobol oleh hacker, mereka bisa mengakses semua data yang ada di ponsel dan mengambil alih kontrol ponsel dari pengguna.

"Celah keamanan ini memungkinkan penyusup mengakses log panggilan dan sistem, SMS, kontak, dan data pribadi lainnya, merekam layar perangkat atau menggunakan kamera eksternal untuk merekam video, atau bahkan mengambil alih perangkat dari jarak jauh, mengubah atau menghapus data," kata Kryptowire dalam rilisnya, seperti dikutip dari Tom's Guide, Senin (21/3/2022).

Celah keamanan ini ditemukan khusus di chipset Unisoc SC9863A yang digunakan di beberapa ponsel Android murah seperti beberapa ponsel Nokia, Lenovo, ZTE, Realme dan Samsung. Daftar lengkap ponsel yang menggunakan chipset tersebut bisa dilihat di sini.

Kryptowire mengatakan celah keamanan ini terkait dengan aplikasi pra-instal Unisoc yang ada di dalam chip. Aplikasi ini tidak memiliki protokol autentikasi, sehingga bisa menjalankan perintah yang dikirimkan dari aplikasi apapun.

Dengan mengirimkan perintah tertentu, aplikasi jahat yang ada di ponsel pengguna, atau aplikasi yang diinstal oleh vendor ponsel atau operator, bisa mengambil alih ponsel.

Kryptowire mengaku sudah melaporkan celah keamanan ini kepada Unisoc serta vendor dan operator pada Desember 2021, meski baru diungkap secara publik sekarang. Mereka mengungkap bahwa Unisoc sampai saat ini belum merespons laporan tersebut.

Juru bicara Kryptowire mengatakan Nokia sudah memperbaiki celah di ponselnya yang terdampak kerentanan tersebut. Operator Orange yang beroperasi di Prancis juga sudah mengatasi masalah tersebut.

Salah satu cara mencegah hacker dan aplikasi berbahaya adalah dengan mengunduh aplikasi antivirus Android yang sudah terpercaya. Tapi mungkin antivirus tidak bisa efektif melawan aplikasi jahat yang sudah ada di ponsel.

Kalau kalian menggunakan salah satu dari puluhan ponsel Android di atas, hubungi vendor ponsel kalian untuk mengetahui apakah masalah ini sudah diatasi. Jika masih belum, sebaiknya jangan gunakan ponsel kalian sampai celah keamanan itu sudah ditambal.

[Gambas:Youtube]



Simak Video "Deretan HP Android dengan Radiasi Tertinggi"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)