Samsung Diduga Diretas Hacker, 190GB Data Rahasia Bocor

Samsung Diduga Diretas Hacker, 190GB Data Rahasia Bocor

Virgina Maulita Putri - detikInet
Senin, 07 Mar 2022 12:22 WIB
Human hand on keyboard,isolated, selective focus, shallow depth of field, concept of work & technology.
Samsung Diduga Diretas Hacker, 190GB Data Rahasia Bocor Foto: Thinkstock
Jakarta -

Kelompok hacker Lapsus$ diduga meretas Samsung dan membocorkan data rahasia. Kelompok ini sebelumnya pernah menyerang dan membocorkan data dari Nvidia.

Lapsus$ awalnya mengunggah screenshot yang berisi kode untuk software Samsung. Mereka kemudian memberikan rincian tentang data apa saja yang berhasil diambil dari server Samsung.

Mereka mengunggah database curian tersebut dalam bentuk torrent sebesar 190GB. Seperti dikutip dari AndroidPolice, Senin (7/3/2022) data yang berhasil dibobol termasuk algoritma untuk autentikasi biometrik, source code bootloader untuk semua produk baru Samsung, dan semua source code untuk proses autentikasi akun Samsung.

Lapsus$ hingga saat ini tidak meminta tebusan kepada Samsung. Tapi data yang bocor ini menyebar dengan cepat, karena sudah ada lebih dari 400 peers yang membagikan torrent ini dan Lapsus$ berencana menambah kecepatan donwload dengan server tambahan.

Tidak diketahui berapa banyak data rahasia Samsung yang berhasil diakses oleh hacker. Kepada The Korea Herald, petinggi Samsung mengatakan pihaknya saat ini masih mengamati situasi.

Sebelum membobol Samsung, Lapsus$ mengaku sebagai kelompok yang bertanggung jawab atas peretasan Nvidia pekan lalu. Dalam insiden tersebut, Lapsus$ mengklaim telah mengambil 1TB data rahasia, termasuk skematik dan source code driver.

Berbeda dengan kasus peretasan Samsung, Lapsus$ memiliki permintaan khusus untuk Nvidia. Mereka menuntut Nvidia membuat driver-nya menjadi open source dan menghilangkan fitur di beberapa GPU RTX 30-series yang membatasi hash rates saat menambang kripto.



Simak Video "4 HP Baru Samsung yang Dipasarkan di Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)