Google Drive Bakal Peringatkan Jika Ada File Mencurigakan

Google Drive Bakal Peringatkan Jika Ada File Mencurigakan

Josina - detikInet
Selasa, 25 Jan 2022 11:54 WIB
Google drive
Foto: (Google Drive)
Jakarta -

Beberapa pengguna Google Drive mungkin tidak asing dengan berbagai bentuk serangan yang didistribusikan melalui platform, termasuk iming-iming phishing dan serangan ransomware.

Untuk membantu pengguna tetap mengetahui file yang berpotensi berbahaya, Google telah memperkenalkan fitur keamanan baru ke layanan Drive-nya.

Google Drive sekarang akan mulai menampilkan spanduk peringatan ketika pengguna akan mengunduh dan membuka dokumen, gambar, atau jenis file apa pun yang berpotensi meragukan.

Fitur baru ini diluncurkan di semua tingkatan Google Workspace, G Suite Basic, dan G Suite Business sebagaimana dilansir detiKINET dari Android Central, Selasa (25/1/2022).

Spanduk kuning akan muncul di bagian atas halaman lampiran setelah pengguna meng-klik tautan. Spanduk ini akan muncul sebelum file diunduh ke laptop dan akan memberikan pesan peringatan kepada pengguna bahwa file tersebut terlihat mencurigakan dan mungkin digunakan untuk mencuri informasi pribadi pengguna.

Pengguna pun akan mendapatkan peringatan keamanan tersebut jika telah menggunakan Google Dokumen, Spreadsheet, Slide, dan Gambar.

Tampilan peringatan di Google DriveTampilan peringatan di Google Drive Foto: Google

Pada ajang Google Cloud Next 2021, perusahaan raksasa pencarian ini mengumumkan langkah-langkah baru untuk membantu melindungi pengguna dari file berbahaya. Peringatan ini diluncurkan ke layanan sinkronisasi file tersebut akhir tahun lalu.

Fitur ini sangat berguna jika kamu sering menggunakan Google Drive, yang tidak sepenuhnya aman dari perilaku kasar, seperti kebanyakan platform hosting file lainnya.

Pada tahun 2020, peretas terlihat mengeksploitasi Drive untuk mengirim email dan pemberitahuan push melalui Drive. Pesan itu tampak sah pada pandangan pertama, tetapi mereka mengarahkan penerima ke situs web jahat.

Fitur keamanan ini akan tersedia secara bertahap pada beberapa minggu ke depan untuk semua pengguna secara global.



Simak Video "Anak Google di Rusia Terancam Bangkrut"
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/fyk)