Maaf Tak Ada Lagi Google Suite Gratis, Tahun Ini Harus Bayar

Maaf Tak Ada Lagi Google Suite Gratis, Tahun Ini Harus Bayar

Adi Fida Rahman - detikInet
Jumat, 21 Jan 2022 07:45 WIB
Google Workspace
Google G Suite tidak lagi gratis. Foto: Google
Jakarta -

Pada 2020, G Suite diubah namanya menjadi Google Workspace sebagai bagian dari reorganisasi besar-besaran aplikasi tersebut. Sejak saat itu berbagai paket telah dimigrasikan, dan Google kini berencana untuk menghilangkan layanan G Suite edisi lama yang gratis.

Google merilis G Suite Legacy Free Edition -sebelumnya bernama Google Apps- 16 tahun lalu dan dihentikan pada 2012. Namun, perusahaan tidak membuat perubahan signifikan pada akun gratis tersebut dalam dekade terakhir hingga kini.

Dalam email yang dikirimkan Google ke pelanggan dikatakan pihaknya akan mengalihkan semua pengguna yang tersisa ke langganan berbayar Google Workspace berdasarkan penggunaan. Jadi, satu-satunya akun gratis Workspace hanya untuk lembaga nonprofit dan pendidikan.

Sementara semua akun gratis dari beberapa tahun terakhir yang mendaftar dengan paket G Suite lama ke Workspace (termasuk Gmail, Drive, Documents...) harus membayar, termasuk kemampuan untuk menggunakan domain khusus sendiri (bukan hanya Gmail.com).

Google WorkspaceGoogle Workspace Foto: 9to5Google

Pengguna diberikan waktu hingga 1 Mei 2022 untuk memilih paket baru atau Google akan memilihkan berdasarkan apa yang digunakan saat ini. Namun penagihan tidak akan dimulai setidaknya selama dua bulan awal jika akun secara otomatis ditingkatkan versinya.

"Meningkatkan versi dari G Suite versi gratis yang lama ke Google Workspace hanya membutuhkan beberapa langkah singkat dan tidak akan memengaruhi pengguna akhir Anda. Untuk membantu Anda dalam transisi ini, Anda akan memiliki opsi diskon selama 12 bulan setelah 1 Juli 2022," tulis Google.

Paket yang disediakan mulai dari USD 6 per pengguna per bulan untuk Business Starter dan naik menjadi USD 18 per pengguna per bulan. Bisnis kecil dengan hanya satu Gmail juga dapat meningkatkan ke Wordspace Individual seharga USD 9,99 per bulan (tetapi tidak termasuk email khusus).

Paket Google WorkspacePaket Google Workspace Foto: 9to5Google

Google akan menangguhkan peningkatan otomatis pendaftaran akun Workspace jika bentuk pembayaran tidak tersedia hingga 1 Juli 2022.

"Setelah penangguhan selama 60 hari, Anda tidak akan lagi memiliki akses ke layanan inti Google Workspace, seperti Gmail, Kalender, dan Meet. Anda masih dapat mempertahankan akses ke layanan Google tambahan, seperti YouTube dan Google Foto. Masukkan bentuk pembayaran yang valid untuk memulihkan akun yang ditangguhkan," tulis raksasa pencarian internet seperti dikutip dari laman 9to5Google.



Simak Video "Anak Google di Rusia Terancam Bangkrut"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/afr)