Twitch Dibobol Hacker, Data Gaji Streamer Ikut Bocor

Twitch Dibobol Hacker, Data Gaji Streamer Ikut Bocor

Virgina Maulita Putri - detikInet
Kamis, 07 Okt 2021 22:36 WIB
Followers Streamer Twitch Dipastikan Turun Drastis, Banyak Bots Dibanned
Twitch Dibobol Hacker, Data Gaji Streamer Ikut Bocor Foto: (blog.twitch.tv)
Jakarta -

Twitch, layanan video streaming milik Amazon dibobol hacker. Informasi dan data yang bocor termasuk source code, daftar gaji streamer, dan rencana produk yang akan dirilis.

Peretasan ini diketahui setelah seorang hacker anonim mengunggah data sebesar 125GB di forum 4chan, yang diklaim berisi keseluruhan Twitch dan commit history-nya. Hacker itu mengatakan data-data ini dibocorkan untuk mendorong persaingan di ranah streaming video.

Twitch sudah mengonfirmasi pembobolan data tersebut lewat Twitter, tapi tidak memberikan penjelasan rinci tentang seberapa besar dan data apa saja yang dibobol.

"Kami dapat mengonfirmasi bahwa telah terjadi peretasan. Tim kami bekerja dengan urgensi untuk memahami sejauh mana cakupan peretasan ini," kata Twitch dalam cuitannya di Twitter, seperti dikutip dari The Verge, Rabu (7/10/2021).

"Kami akan mengabari komunitas sesegera mungkin setelah informasi tambahan tersedia. Terima kasih karena telah bersabar," sambungnya.

Jenis data-data yang dibocorkan beragam, termasuk gaji yang diterima streamer Twitch dari tahun 2019 hingga sekarang. Selain itu keseluruhan situs Twitch dan source code untuk klien Twitch mobile, desktop, dan konsol juga ikut bocor.

Data yang dibocorkan ini juga mengungkap produk pesaing Steam yang sedang disiapkan oleh Amazon Game Studios, serta data-data lain seperti tools keamanan internal Twitch, kode terkait SDK dan layanan AWS internal yang digunakan Twitch.

Bocoran data ini disebut sebagai bagian pertama, yang mengindikasikan hacker akan kembali mengumbar data yang telah mereka bobol. Data yang dibocorkan tidak termasuk password atau informasi pribadi pengguna Twitch, tapi bukan berarti hacker tidak memiliki informasi ini.

Meski Twitch telah mengonfirmasi adanya peretasan, masih belum diketahui jumlah data yang dicuri sebesar apa. Twitch pun menyarankan beberapa pengguna untuk mengganti password-nya dan mengaktifkan two-factor authentication (2FA).

Twitch dibeli oleh Amazon pada 2014 dengan mahar sebesar USD 970 juta. Platform streaming video ini populer di kalangan gamer, dengan jutaan streamers dan puluhan juta pengguna.

Twitch merupakan platform pilihan beberapa streamer teratas dan populer, termasuk Tyler Blevins alias Ninja yang merupakan streamer dan gamer dengan follower paling banyak di Twitch.



Simak Video "Twitch Angkat Bicara Usai Platform-nya Diretas"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)