Dear Menkominfo, Tolong Perbaiki Aplikasi PeduliLindungi

Dear Menkominfo, Tolong Perbaiki Aplikasi PeduliLindungi

Rachmatunnisa - detikInet
Kamis, 09 Sep 2021 16:21 WIB
Kapan Sertifikat Vaksin Keluar? Simak di Sini Penjelasannya
Komunitas TIK Minta Menkominfo Perbaiki Aplikasi PeduliLindungi. Foto: Dok ITDC
Jakarta -

Forum Tata Kelola Internet Indonesia (Indonesia Internet Governance Forum/ID-IGF) meminta Menkominfo Johnny G Plate dan pihak terkait lainnya, memperbaiki aplikasi PeduliLindungi. ID-IGF juga mengungkap sejumlah masalah pada aplikasi ini.

"Sehubungan dengan banyaknya keluhan pengguna aplikasi PeduliLindungi yang disampaikan melalui berbagai forum formal maupun informal, para pemangku kepentingan majemuk ID-IGF mendiskusikan dan menganalisa kinerja PeduliLindungi sejak Juli hingga September 2021 melalui WhatsApp Group ID-IGF dan pertemuan daring via Zoom," kata Koordinator MAG ID-IGF Mariam F Barata lewat keterangan tertulis yang diterima detikINET, Kamis (9/9/2021).

"Tujuannya adalah untuk memetakan masalah dan mencari solusi demi perbaikan kinerja aplikasi PeduliLindungi," sambungnya.

Hasilnya, ID-IGF menyarankan perbaikan terhadap aplikasi PeduliLindungi. Mereka merumuskan penilaian dan rekomendasi solusi atas permasalahan aplikasi PeduliLindungi yang ditujukan kepada lima pihak terkait, yaitu:

1. Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate
2. Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin
3. Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian
4. Kepala Badan Siber dan Sandi Negara Hinsa Siburian
5. Direktur Utama PT. Telekomunikasi Indonesia (TELKOM), Tbk. Ririek Adriansyah.

Mariam menyebutkan, ID-IGF menyampaikan rekomendasi untuk perbaikan aplikasi PeduliLindungi yang dipilah menjadi dua sisi, yaitu ada masalah teknis dan tata kelola. Dalam rekomendasi ini, ID-IGF merinci 10 masalah dari sisi teknis dan lima masalah dari sisi tata kelola yang nantinya harus diperbaiki pemerintah dari aplikasi PeduliLindungi.

Aplikasi PeduliLindungi digunakan banyak orang Indonesia saat ini, karena berfungsi mendukung aktivitas masyarakat dalam masa adaptasi pengendalian pandemi COVID-19. Namun aplikasi ini tak luput dari sejumlah masalah, sehingga komunitas Teknologi Informasi dan Komunikasi seperti ID-IGF tergerak untuk mendesak semua pihak, terutama Kemenkominfo untuk memperbaikinya.

Adapun daftar masalah di aplikasi PeduliLindungi yang teridentifikasi ID-IGF dapat dilihat di artikel berikut ini:

15 Masalah di Aplikasi PeduliLindungi yang Harus Diperbaiki



Simak Video "Aplikasi PeduliLindungi Diharapkan Bantu Deteksi Pergerakan Wisatawan"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/fay)