Aplikasi Penipu Ditemukan di iOS, Raup Rp 14 Miliar Sebulan

Aplikasi Penipu Ditemukan di iOS, Raup Rp 14 Miliar Sebulan

Virgina Maulita Putri - detikInet
Jumat, 09 Apr 2021 13:35 WIB
App Store
Aplikasi Penipu Ditemukan Lagi di iOS, Bisa Raup Rp 14 Miliar Sebulan Foto: shutterstock
Jakarta -

iOS dan Apple App Store dikenal sebagai ekosistem tertutup yang mengunggulkan privasi dan keamanan pengguna. Tapi lagi-lagi ditemukan aplikasi iOS yang sudah meraup USD 1 juta atau sekitar Rp 14 miliar dari hasil menipu pengguna.

Aplikasi ini ditemukan oleh Kosta Eleftheriou, pengembang aplikasi FlickType yang saat ini sedang menggugat Apple karena aplikasi scam di iOS. Kasusnya melibatkan aplikasi kloningan yang meniru aplikasi buatannya dan digunakan untuk menipu pengguna.

Aplikasi yang ditemukan Eleftheriou bernama StringVPN. Ia menemukan aplikasi tersebut telah melanggar beberapa aturan App Store, menarik biaya berlangganan USD 9,99 per minggu dan tidak memiliki situs resmi, seperti dikutip dari Apple Insider, Kamis (8/4/2021).

Aplikasi ini juga menampilkan review palsu di App Store yang muncul di bagian paling atas karena berisi bintang lima. Dalam iklan pop-up di Safari, aplikasi ini bahkan mengaku sebagai 'direkomendasikan oleh Apple'.

Dari semua masalah yang ditemukan Eleftheriou, aplikasi ini seharusnya tidak boleh dipasang di App Store karena sudah berhasil menipu pengguna hingga jutaan dolar. Apple biasanya meninjau aplikasi baru dengan sangat ketat sebelum bisa muncul di App Store.

Menurut Eleftheriou, jika App Store benar-benar tepat yang aman bagi konsumen dan menjadi 'walled garden' seperti yang dipromosikan, maka aplikasi penipu dan palsu seperti ini seharusnya tidak bisa melewati proses penilaian.

Apple sendiri mengatakan bahwa mereka menggunakan admin manusia untuk mengecek semua aplikasi yang didaftarkan di App Store untuk memastikan aplikasi bisa bekerja seperti semestinya, menghormati privasi pengguna, dan bebas dari konten yang tidak pantas.

Kehadiran aplikasi penipu di App Store jelas melanggar kebijakan Apple tentang privasi dan keamanan. Karena ini bukan pertama kalinya aplikasi penipu ditemukan di iOS, ke depannya Apple mungkin akan fokus menghapus aplikasi jahat seperti ini.



Simak Video "Apple Bakal Tendang Aplikasi yang Langgar Fitur Privasi"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)