Tim Cook Buka-bukaan Soal Masa Depannya di Apple

Tim Cook Buka-bukaan Soal Masa Depannya di Apple

Virgina Maulita Putri - detikInet
Rabu, 07 Apr 2021 07:29 WIB
Tim Cook Macbook Air
Tim Cook Buka-bukaan Soal Masa Depannya di Apple Foto: Getty Images
Jakarta -

Tim Cook sudah menjabat sebagai CEO Apple selama sepuluh tahun sejak menggantikan Steve Jobs di tahun 2011. Dalam wawancara dengan jurnalis Kara Swisher, Cook pun buka-bukaan soal masa depannya di Apple.

Setelah menghabiskan satu dekade sebagai pemimpin Apple, Cook mengatakan sepertinya ia tidak akan bertahan di posisinya dalam 10 tahun ke depan.

"10 tahun lagi? Mungkin tidak," kata Cook seperti dikutip dari Business Insider, Rabu (7/4/2021).

"Saya bisa mengatakan bahwa saya merasa hebat saat ini. Dan tanggalnya belum ditetapkan. Tapi 10 tahun lagi adalah waktu yang lama, dan mungkin tidak 10 tahun lagi," imbuhnya.

Cook sudah bergabung bersama Apple selama lebih dari 20 tahun. Ia kemudian dipilih sebagai CEO setelah Steve Jobs mundur dari posisinya di tahun 2011 karena penyakit yang dideritanya.

Sejak saat itu, Cook menjadi wajah perusahaan dan memamerkan iPhone, Apple Watch serta deretan produk Apple lainnya. Ia juga memimpin Apple menjadi perusahaan dengan valuasi lebih dari USD 2 triliun.

Tapi saat ini usia Cook sudah menginjak 60 tahun. Wajar jika ia tidak ingin disibukkan lagi dengan urusan memimpin salah satu perusahaan terbesar di dunia begitu usianya menginjak 70 tahun.

Sepertinya Cook akan bertahan selama beberapa tahun lagi sambil memikirkan calon penerusnya. Tahun lalu, Bloomberg mengatakan Apple mulai memikirkan rencana suksesi dengan beberapa kandidat CEO termasuk Jeff Williams dan John Ternus.

Di akhir wawancara, Cook kemudian ditanya apa yang akan ia lakukan setelah tidak lagi memimpin Apple. Sepertinya, ia pun tidak tahu jawabannya.

"Saya tidak tahu karena saya sangat mencintai perusahaan ini, jadi sulit membayangkan hidup saya tanpanya. Jadi, saya rasa saya tidak akan mengetahuinya sampai setelah saya tidak di sini lagi," pungkasnya.



Simak Video "CEO Apple Apresiasi Wisudawan 'Apple Developer Academy' Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/rns)