Setahun WFH, Bos Apple Gak Sabar Kembali Ngantor

Setahun WFH, Bos Apple Gak Sabar Kembali Ngantor

Virgina Maulita Putri - detikInet
Sabtu, 20 Mar 2021 21:40 WIB
Tim Cook
Setahun WFH, Bos Apple Tidak Sabar Ingin Kembali ke Kantor Foto: Reuters
Jakarta -

Apple termasuk salah satu perusahaan teknologi menerapkan kerja dari rumah (WFH) setelah pandemi COVID-19 merebak. Kini setelah satu tahun bekerja dari rumah, CEO Apple Tim Cook tidak sabar ingin kembali ke kantor.

Seperti diketahui, Apple sudah mulai membuka kantor dan tokonya secara bertahap sejak Juni tahun lalu. Tapi kebijakan WFH mereka diperpanjang hingga Juni 2021.

"Secara garis besar, saya pikir kita akan kembali ke kantor dan saya tidak sabar menunggu sampai itu terjadi," kata Cook kepada People, seperti dikutip detikINET, Sabtu (19/3/2021).

Menurut pria berusia 60 tahun ini bekerja di kantor dan bertemu secara langsung adalah hal yang penting bagi Apple, karena inovasi dan kolaborasi lebih mudah tercipta jika dilakukan secara bertatap muka.

"Inovasi adalah bertemu satu sama lain sepanjang hari dan menyampaikan ide yang baru saja dimiliki. Dan kalian harus benar-benar bersama untuk melakukan itu," jelasnya.

Tapi untuk kembali bekerja di kantor secara normal, Apple memiliki tantangan besar. Produsen iPhone ini menggunakan desain kantor terbuka di kantor pusatnya di Cupertino, California.

Tapi karena kebutuhan social distancing di era COVID-19, beberapa perusahaan mengubah desain kantornya agar bisa menjaga jarak dan mewajibkan pegawainya mengenakan masker. Bagaimana cara Apple mengatasi hal ini?

"Kami masih mencari tahu, jujur saja," ucap Cook.

Meski sudah tidak sabar ingin kembali ke kantor, Cook mengatakan ada kemungkinan Apple menerapkan sistem kerja hybrid. Ia menyadari ada beberapa kegiatan yang bisa dilakukan secara virtual lewat Zoom atau semacamnya.

WFH juga tidak membuat kerja Apple menjadi lambat. Meski sempat terkendala, mereka berhasil meluncurkan iPhone 12 yang merupakan ponsel 5G pertama dari Apple di akhir tahun 2020.

"Kita mengenalkan chip M1 di Mac. Ini adalah pencapaian yang sangat-sangat besar," pungkasnya.



Simak Video "CEO Apple Apresiasi Wisudawan 'Apple Developer Academy' Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/vmp)