Mark Zuckerberg Kembali Serang Apple di Clubhouse

Mark Zuckerberg Kembali Serang Apple di Clubhouse

Virgina Maulita Putri - detikInet
Jumat, 19 Mar 2021 19:41 WIB
Mark Zuckerberg
Mark Zuckerberg Kembali Kritik Apple di Clubhouse Foto: shutterstock
Jakarta -

Perseteruan antara Apple dan Facebook makin memanas. Bahkan CEO Facebook Mark Zuckerberg kembali mengkritik Apple saat berbicara di Clubhouse.

Zuckerberg sebelumnya sudah mengatakan ia tidak senang dengan kebijakan privasi terbaru Apple yang memudahkan pengguna iPhone dan iPad untuk memblokir aplikasi yang ingin melacak kegiatan online mereka untuk menargetkan iklan. Kebijakan ini dikhawatirkan akan berdampak pada bisnis iklan Facebook.

Di sisi lain, Apple mengatakan kebijakan ini akan memberikan pengguna lebih banyak kontrol terhadap data mereka. Kebijakan baru ini akan diterapkan di iOS 14 pada awal musim semi mendatang.

Saat berbicara di Clubhouse bersama CEO Spotify Daniel Ek dan CEO Shopify Tobias L├╝tke, Zuckerberg kembali menekankan kebijakan ini akan menyulitkan bisnis dan pengembang kecil. Facebook yang menghasilkan miliaran dolar dari iklan setiap tahunnya justru tidak begitu terdampak.

"Realitanya adalah saya yakin kita bisa mengatasi situasi itu dengan baik dan kami akan berada dalam posisi yang baik," kata Zuckerberg, seperti dikutip dari CNBC, Jumat (19/3/2021).

"Saya pikir mungkin saja kita berada di posisi yang lebih kuat jika perubahan Apple mendorong lebih banyak bisnis untuk berdagang di platform kita," tambahnya.

Komentar Zuckerberg ini terdengar lebih optimis ketimbang pernyataan Facebook sebelumnya. Misalnya saat mengumumkan laporan keuangannya di bulan Januari lalu, Facebook mengatakan kebijakan baru Apple ini bisa mempengaruhi bisnis iklan mereka di kuartal pertama.

Menghadapi perubahan ini, Facebook sudah bersiap dengan meluncurkan platform belanja online sendiri. Seperti peluncuran Facebook Shops dan Instagram Shops yang memungkinkan bisnis menjual produk mereka langsung di Facebook dan Instagram.

Zuckerberg mengatakan saat ini Facebook Shops sudah memiliki satu juta penjual aktif di layanannya dan 250 juta orang aktif menggunakan layanan in untuk berbelanja.

"Dibandingkan dengan percakapan awal tentang bagaimana orang-orang akan menggunakan ini di seluruh Facebook dan Instagram dan di produk kami, saya rasa ini adalah sesuatu yang akan menjadi semakin penting bagi orang-orang," pungkas pria berusia 36 tahun ini.



Simak Video "Mark Zuckerberg Habiskan Rp 336 Miliar untuk Keamanan"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)