9 Perangkat yang Mungkin Sedang Mengintai Kamu, Sudah Sadar Sekarang?

9 Perangkat yang Mungkin Sedang Mengintai Kamu, Sudah Sadar Sekarang?

Aisyah Kamaliah - detikInet
Kamis, 04 Mar 2021 10:00 WIB
ilustrasi kaget
Perangkat yang mungkin sedang memata-matai kamu. Foto: iStock
Jakarta -

Di era modern, kemajuan perangkat-perangkat yang digunakan sehari-hari semakin terlihat. Tanpa sadar, ini juga bisa membuat privasi kamu menjadi ancaman.

Dilansir WCPO, media asal Inggris The Guardian membagikan beberapa perangkat yang mungkin bisa memata-mataimu atau setidaknya berbagi informasi tentang dirimu. Yang pasti, teknologi tersebut adalah perangkat yang terhubung dengan internet:

1. Amazon's Echo (dan asisten digital Alexa-nya)

2. Google Home (Echo versi Google)

3. Networked video game, seperti Xbox Kinect

4. Smart TV

5. Facebook Live

6. Kamera Skype laptop

7. Kamera keamanan rumah

8. Monitor bayi

9. Peralatan yang terhubung ke internet (seperti lemari es yang memiliki kamera yang terhubung ke web di dalamnya).

Apolonio Garcia President of HealthGuard IT Security menjelaskan perlu adanya kesadaran bahwa kemajuan teknologi membuat kita harus sadar dengan risiko yang kita hadapi.

"Semuanya mulai dari panci, termostat, hingga mobil... semua hal ini memiliki kemampuan untuk menerima dan mengirimkan data secara nirkabel, melalui internet, yang membuat hidup kita jauh lebih mudah," kata Garcia.

Contoh, Garcia mengatakan saat ini smart TV sudah dapat terhubung dengan mudah ke Netflix dan aplikasi lain. Itu artinya, perangkat sudah terhubung ke internet setiap saat, dan perlu diingat koneksi ini bukan hanya satu arah.

Nah yang jadi masalah, Garcia mengatakan bahwa kebanyakan orang menggunakan pengaturan dan kata sandi 'default' di sebagian besar perangkat internet di rumah mereka. Padahal itu sangat tidak dianjurkan.

"Ada beberapa hal sederhana yang dapat kamu lakukan. Salah satunya adalah memastikan kamu mengubah kata sandi dan nama pengguna pada perangkat. Hal lain yang dapat kamu lakukan adalah memastikan kamu sudah mengamankan jaringan nirkabel," tuturnya.

Garcia menyarankan untuk memisahkan modem, sehingga satu sinyal WiFi digunakan untuk laptop, iPad, dan perangkat lain serta satu sinyal WiFi lainnya digunakan untuk fitur aman seperti kamera keamanan juga baby monitor.

Untuk smart TV, jika kamu masih khawatir, Garcia mengajak untuk membuka pengaturan TV dan mencari bagian yang memungkinkan pengguna untuk memutuskan sambungan TV dari cloud. Alternatifnya adalah dengan mencari pengaturan yang bisa membatasi apa yang dibagikan oleh smart TV.



Simak Video "Realme Boyong Smart TV, Bisa Ngapain Aja?"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/ask)