Minggu, 11 Mar 2018 13:16 WIB

Penjelasan Amazon Soal Alexa yang Tiba-tiba Tertawa Sendiri

Muhammad Alif Goenawan - detikInet
Amazon Echo (dok. Amazon) Amazon Echo (dok. Amazon)
Jakarta - Alexa, asisten digital milik Amazon, sempat bikin gempar karena tiba-tiba tertawa sendiri. Menanggapi fenomena tersebut pihak Amazon akhirnya memberikan jawaban.

Hampir semua perusahaan teknologi kini punya asisten digital. Selain Amazon, Google, Apple, dan Microsoft pun memiliki asisten digital yang tak kalah canggih.

Fungsi asisten digital ini sendiri tak lain adalah untuk membantu produktivitas pengguna sehari-hari. Ia akan menjawab semua perintah yang dikeluarkan si empunya.



Akan tetapi, sejumlah pengguna perangkat terintegrasi Alexa melaporkan bahwa mereka tiba-tiba mendengar suara tawa yang bersumber dari asisten digital. Alexa tertawa sendiru tanpa ada perintah dari pengguna.

Beberapa pun ada yang merasa ketakutan karena kondisinya pada saat itu sedang sendirian. Ada yang mendeskripsikan bahwa suara tawa yang dilontarkan Alexa cukup mengerikan.



Pihak Amazon sendiri mengetahui adanya isu tersebut dan langsung menginvestigasi. Dari hasil investigasi, pihak Amazon mengatakan sepertinya Alexa salah mengartikan beberapa perintah, dimana berakhir pada suara tawa.

"Dalam situasi langka, Alexa bisa salah mendengar perintah 'Alexa, tertawa'. Kami mengubah perintah menjadi 'Alexa, bisakah kau tertawa?" ujar juru bicara Amazon seperti dikutip detikINET dari Ubergizmo, Minggu (11/3/2018).



Tak hanya itu, Amazon milik orang terkaya di dunia, Jeff Bezos, ini juga mengubah respons Alexa ketika tertawa, dari biasanya yang langsung tertawa menjadi didahului dengan kalimat 'tentu, aku bisa tertawa'. (rou/rou)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed