Siap-siap, Bakal Ada Notif Baru dari WhatsApp

Siap-siap, Bakal Ada Notif Baru dari WhatsApp

Aisyah Kamaliah - detikInet
Jumat, 19 Feb 2021 14:55 WIB
SAN FRANCISCO, CA - FEBRUARY 19:  Facebook and WhatsApp logos are displayed on portable electronic devices on February 19, 2014 in San Francisco City. Facebook Inc. announced that it will purchase smartphone-messaging app company WhatsApp Inc. for $19 billion in cash and stock.  (Photo Illustration by Justin Sullivan/Getty Images)
WhatsApp akan memberikan notifikasi kepada para penggunanya terkait edukasi kebijakan privasi baru WA. Foto: GettyImages
Jakarta -

Jika Anda mendapatkan notifikasi baru dari WhatsApp, jangan kaget, ya. Ini merupakan upaya WhatsApp untuk meluruskan simpang siur dari kebijakan privasi barunya.

Dalam konferensi pers beberapa waktu lalu, WhatsApp APAC Communications Director Sravanthi Dev mengatakan bahwa WhatsApp menyadari adanya miskomunikasi yang terjadi sehingga muncul interpretasi yang salah terkait isi kebijakan privasi baru WhatsApp.

"Cara kami berkomunikasi di Januari (lewat status WhatsApp) membuat kebingungan dan orang-orang semakin menaruh perhatian. Itu alasannya kami selalu berusaha mengunggah informasi dengan cara berbeda. Ada yang ingin kami beritahukan ke orang-orang dan memberi mereka lebih banyak waktu untuk mengetahui lebih dalam," ujar Sravanthi.

Sebenarnya WhatsApp sudah sering melakukan cara komunikasi langsung kepada pengguna WhatsApp misalnya lewat status WhatsApp yang sudah dilakukan sebelumnya. Ada juga blog yang memberikan informasi sejelas-jelasnya tentang detail kebijakan privasi baru.

"Nanti, akan ada notifikasi di atas baris chat. Kalau Anda klik, Anda akan pindah ke halaman lain. Notifikasi ini akan tetap ada di baris percakapan, orang-orang akan mendapati notifikasi ini sampai kebijakan berlaku dan bisa mengetahui apa dampak dari kebijakan tersebut," ungkapnya.

Sebelumnya, WhatsApp membagikan edukasi melalui status di WhatsApp pada Januari 2021. Total, ada empat status yang diunggah WhatsApp untuk meyakinkan pengguna bahwa pesan mereka akan tetap aman terenkripsi.

"WhatsApp sekarang ada di status! Kami akan membuat kalian tahu tentang fitur baru dan update di sini," tulis WhatsApp di status pertamanya itu.

Mereka pun menegaskan memegang teguh privasi pengguna. "Satu hal yang tidak baru adalah komitmen kami pada privasi kalian. WhatsApp tidak bisa mendengar pembicaraan pribadi kalian karena mereka dienkripsi end-to-end," papar WhatsApp.



Simak Video "Ini Data yang Dibagikan WhatsApp ke Facebook"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/fay)