Psst! Pesan yang Kamu 'Unsend' di Instagram Sebenarnya Tidak Dihapus

Psst! Pesan yang Kamu 'Unsend' di Instagram Sebenarnya Tidak Dihapus

Aisyah Kamaliah - detikInet
Sabtu, 06 Feb 2021 18:21 WIB
Istanbul, Turkey - December 15, 2018: Person holding a brand new Apple iPhone X with Instagram profile on the screen. Instagram is an online mobile social networking service, launched in October 2010.
Pesan yang kamu kirim di Instagram dan di 'unsend' di direct message (DM) ternyata tidak benar-benar langsung dihapus.Foto: iStock
Jakarta -

Pesan yang kamu 'unsend' di Instagram sebenarnya belum benar-benar dihapus. Dengan kata lain -- ya, pesannya masih ada di database Instagram.

Sama seperti fitur 'delete for everyone' di WhatsApp, Instagram juga memiliki fitur pesan 'unsend'. Tujuan dari kedua fitur tersebut adalah sama, yaitu memungkinkan pengguna untuk menghapus pesan yang telah mereka kirim.

Terkadang pengguna mengirim pesan secara tidak sengaja dan tidak ingin penerima membacanya, jadi fitur ini akan sangat membantu untuk mewujudkan keinginan tersebut Namun, belakangan ini Instagram memberi tahu pengguna bahwa pesan yang tidak terkirim tidak benar-benar dihapus.

Dikutip dari India Today, Sabtu (6/2/2021) beberapa pengguna Instagram telah melaporkan menerima pop-up yang bertuliskan 'Unsent Messages are removed from the conversation but they may still be included if the conversation is reported'. Itu berarti pesan yang kamu hapus di percakapan akan ada jika percakapan tersebut dilaporkan.

Dalam notifikasi lainnya, Instagram menyebutkan jika pesan yang tidak terkirim melanggar standar komunitas, maka masih bisa dimasukkan dalam laporan.

Dalam blog, Instagram menyatakan bahwa gambar, video, reels, IGTV dan cerita akan dihapus dari akun ketika pengguna menekan tombol hapus tetapi mereka akan dipindahkan ke folder 'Baru Dihapus' atau 'Recently Deleted' yang telah dibuat.

"Foto, video, reels, video IGTV, dan story yang kamu pilih untuk dihapus segera dihapus dari akun dan dipindahkan ke folder Baru Dihapus. Story yang terhapus yang tidak ada di arsip akan tetap berada di folder hingga 24 jam. Yang lainnya akan otomatis dihapus 30 hari kemudian," demikian tertulis dalam blog.

Sebelumnya diketahui bahwa Instagram meluncurkan fitur baru yang memungkinkan pengguna memulihkan posting mereka yang dihapus. Instagram mengeluarkan bagian 'recently deleted' yang memungkinkan pengguna meninjau kiriman yang telah mereka hapus.

"Hari ini, kami meluncurkan 'Recently Deleted', sebuah fitur untuk membantu kamu mengelola konten. Kami tahu ini adalah sesuatu yang diminta orang dan sekarang, untuk pertama kalinya, kamu dapat meninjau dan memulihkan konten yang dihapus di aplikasi Instagram. Kami juga menambahkan perlindungan untuk membantu mencegah peretas menyusupi akun dan menghapus postingan yang telah kamu bagikan," kata Instagram.



Simak Video "Penjelasan Instagram di Balik Seringnya Gangguan Server"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/fay)