10 Password Terburuk Tahun 2020, Ada yang Kamu Pakai?

10 Password Terburuk Tahun 2020, Ada yang Kamu Pakai?

Virgina Maulita Putri - detikInet
Kamis, 31 Des 2020 20:15 WIB
Google Password
10 Password Terburuk Tahun 2020, Ada yang Kamu Pakai? Foto: Wired
Jakarta -

Password asal-asalan yang tidak aman menjadi masalah keamanan tiap tahunnya. Sampai-sampai layanan password manager NordPass merilis daftar password terburuk yang dipakai pengguna internet sepanjang tahun 2020.

Dikutip dari ZDNet, Kamis (31/12/2020) NordPass menganalisis 275.699.516 password yang bocor dalam beberapa kasus kebocoran data di tahun 2020. Mereka menemukan password yang paling banyak digunakan ternyata sangat mudah ditebak.

Orang yang tidak bertanggung jawab hanya butuh waktu kurang dari satu atau dua detik untuk membobol akun pengguna menggunakan password yang tidak aman ini. Hanya 44% dari ratusan juta password dalam daftar tersebut yang terbilang unik.

Dalam laporannya, NordPass menemukan lima password yang paling banyak digunakan yaitu "123456", "123456789", "picture1", "password" dan "12345678" yang sudah terekspos hingga jutaan kali.

Selain "picture1", keempat password lainnya hanya membutuhkan waktu kurang dari satu detik untuk dibobol hanya dengan tebakan atau skrip kamus yang mengumpulkan frase umum dan kombinasi angka.

Sedangkan untuk "picture1", NordPass mengatakan password ini merupakan pendatang baru dalam daftar password terburuk. Mereka mengatakan kombinasi kata dan angka ini membutuhkan waktu sekitar tiga jam untuk dibobol menggunakan serangan brutal.

Daftar lengkap 200 password terburuk yang paling sering digunakan di tahun 2020 bisa kamu lihat di sini. Untuk daftar 10 password terburuk adalah:

Password paling banyak digunakan 202010 password terburuk tahun 2020 Foto: Screenshot/detikINET

Menyambut tahun 2021, jadikan keamanan akun di internet sebagai salah satu resolusi kamu. Salah satu cara mengamankan akun yang paling mudah adalah dengan membuat password yang unik dan rumit.

Tidak perlu repot-repot merangkai dan mengingat password, kamu bisa menggunakan password manager yang terpercaya seperti LastPass atau 1Password. Ada juga layanan yang sudah terintegrasi seperti iCloud Keychain dan password manager bawaan browser Google Chrome.

Jika ingin merangkai password sendiri, jangan gunakan pola yang mudah ditebak dan berulang-ulang, seperti angka atau huruf yang berdekatan di keyboard. Jangan lupa tambahkan huruf kapital, simbol, dan angka di tempat yang tidak terkira agar makin sulit ditebak.

Jangan pernah gunakan informasi pribadi sebagai password, misalnya tanggal ulang tahun atau nama seseorang. Sebagai perlindungan ekstra, jangan lupa aktifkan fitur two-factor authentication (2FA) di akun internetmu.



Simak Video "Rewind Blak-blakan 2020: Pandemi, Korupsi, hingga TKI Bebas Hukuman Mati"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/afr)