2 Aplikasi Populer Milik China Dihapus Google, Nah Lho!

2 Aplikasi Populer Milik China Dihapus Google, Nah Lho!

Josina - detikInet
Selasa, 01 Des 2020 19:50 WIB
A woman is silhouetted against the Baidu logo at a new product launch from Baidu, in Shanghai, China, November 26, 2015. REUTERS/Aly Song/File Photo
Foto: Reuters/Aly Song
Jakarta -

Dua aplikasi populer milik perusahaan teknologi ternama Baidu asal China telah dihapus dari toko aplikasi Google Play Store pada akhir bulan Oktober.

Kedua aplikasi tersebut adalah Baidu Maps dan Baidu Search Box, mereka dihapus setelah Google menerima laporan dari perusahaan keamanan siber Palo Alto Networks yang mengklaim di mana kedua aplikasi tersebut memiliki kode yang mengumpulkan informasi penggunanya.

Menurut laporan Palo Alto Networks, kode pengumpulan data ditemukan di Baidu Push SDKS dan digunakan untuk menampilkan pemberitahuan secara real-time di kedua aplikasi tersebut.

Dilansir detikINET dari ZDNet, Selasa (1/12/2020) menurut dua peneliti Stefan Achleitner dan Chengcheng Xu dari Palo Alto Network kode tersebut mengumpulkan data detail seperti model telepon, alamat MAC, informasi operator, dan nomor IMSI (international mobile subscribers identity).

Mereka mengatakan bahwa sementara beberapa informasi yang dikumpulkan tidak terlalu berbahaya. Tapi beberapa data seperti kode IMSI dapat digunakan untuk mengidentifikasi dan melacak pengguna, bahkan jika pengguna telah berganti ke smartphone lain.

Tim peneliti mengatakan, meskipun pengumpulan detail pengguna pribadi tidak secara khusus adalah hal pelanggaran dari kebijakan Google untuk aplikasi Android. Namun Tim Google Play Store mengonfirmasi bahwa temuan mereka mengidentifikasi adanya pelanggaran di dua aplikasi Baidu.

Hal ini pun menyebabkan kedua aplikasi tersebut resmi dihapus dari Google Play Store pada 28 Oktober 2020 silam.

Juru bicara Baidu mengatakan bahwa mereka bahwa tim baid saat ini sedang memperbaiki celah tersebut. Saat ini Baidu Search Box sudah dipulihkan dan kembali di Play Store.

Sementara untuk aplikasi Baidu Maps, pihaknya mengatakan juga akan segera kembali ke Play Store setelah pengembang memperbaiki masalah yang dilaporkan. Kedua aplikasi ini memiliki lebih dari 6 juta unduhan yang digabungkan sebelum dihapus dari Play Store.



Simak Video "Rating TikTok Anjlok Gegara Ulah Kreator India"
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/fay)