Awas! Ada 20 Aplikasi Mod Minecraft Palsu Berisi Malware

Awas! Ada 20 Aplikasi Mod Minecraft Palsu Berisi Malware

Virgina Maulita Putri - detikInet
Selasa, 01 Des 2020 14:11 WIB
Minecraft
20 Aplikasi Mod Minecraft Palsu Berisi Malware Ditemukan di Play Store Foto: Istimewa
Jakarta -

Minecraft masih menjadi salah satu game paling populer di dunia, terutama di kalangan gamer anak-anak. Tidak mengherankan jika oknum tidak bertanggung jawab menggunakan game ini untuk menyebarkan malware di perangkat mobile.

Laporan terbaru dari perusahaan keamanan internet Kaspersky Labs menemukan lebih dari 20 aplikasi Android jahat yang berpura-pura menjadi modpack Minecraft.

Sebagian besar dari aplikasi yang ditemukan Kaspersky di Play Store telah dihapus oleh Google, tapi masih ada segelintir yang bertahan. Aplikasi jahat ini juga cukup populer, dengan jumlah download mulai dari 500 hingga 1 juta, seperti dikutip detikINET dari PCMag, Selasa (1/12/2020).

Lima aplikasi di antaranya adalah Zone Modding Minecraft, Textures for Minecraft ACPE, Seeded for Minecraft ACPE, Mods for Minecraft ACPE dan Darcy Minecraft Mod.

Aplikasi jahat ini berpura-pura menjadi modpacks untuk Minecraft. Tapi begitu diinstal, tidak ada mod yang terpasang.

Setelah diinstal, aplikasi ini akan terbuka sekali dan menunggu cukup lama sampai pengguna frustrasi dan menutup aplikasinya. Setelah ditutup, ikon aplikasi itu akan menghilang dan membuat pengguna kesulitan menghapusnya dari ponsel.

Karena 'modpack' ini terlihat bermasalah dari awal, sebagian besar pengguna terutama remaja dan anak-anak, kemungkinan tidak akan mencari untuk menghapusnya. Padahal meski ikonnya menghilang, aplikasi jahat itu masih terpasang di ponsel.

Setelah terpasang, ponsel yang sudah disusupi akan terus menampilkan iklan setiap beberapa menit. Selain itu, aplikasi ini juga bisa membuka browser, Google Play, Facebook, dan memutar video YouTube.

Jika kalian atau orang yang kalian kenal memiliki aplikasi ini di ponselnya, segera uninstal untuk mencegah hal yang tidak diinginkan. Caranya dengan buka Settings di ponsel, lalu pilih opsi Apps & Notifications untuk melihat daftar semua aplikasi yang ada di ponsel.

Cari aplikasi jahat di dalam daftar tersebut dan segera uninstal. Setelah itu aplikasi dan iklan yang mengganggu akan langsung menghilang.

Ada ratusan aplikasi terkait Minecraft di Play Store, dan cukup sulit untuk membedakan aplikasi mana yang bisa dipercayai. Sebelum menginstal, cek dulu rating dan ulasan yang ditinggalkan pengguna lainnya.

Jika memiliki rating bintang lima tapi ulasannya sangat sederhana, kalian perlu curiga. Jika menemukan komentar dari pengguna lain yang mengatakan aplikasi ini tidak melakukan apa-apa, sebaiknya pikir dua kali sebelum mengunduhnya.



Simak Video "Tips Aman Download Game untuk Cegah Malware"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fyk)