Microsoft Bikin Chip Keamanan untuk PC Windows, Namanya Pluton

Microsoft Bikin Chip Keamanan untuk PC Windows, Namanya Pluton

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Kamis, 19 Nov 2020 15:48 WIB
NEW YORK, NY - MAY 2: The Microsoft logo is illuminated on a wall during a Microsoft launch event to introduce the new Microsoft Surface laptop and Windows 10 S operating system, May 2, 2017 in New York City. The Windows 10 S operating system is geared toward the education market and is Microsofts answer to Googles Chrome OS. (Photo by Drew Angerer/Getty Images)
Foto: Drew Angerer/Getty Images
Jakarta -

Microsoft membuat sebuah chip yang berfungsi untuk menjaga keamanan di PC berbasis Windows, namanya adalah Pluton.

Pluton adalah prosesor keamanan, yang nantinya bakal dibenamkan ke dalam CPU dan menggantikan tugas Trusted Platform Module (TPM). TPM saat ini adalah modul keamanan yang dipakai untuk mengamankan hardware dan kunci kriptografi.

Teknologi keamanan yang dipakai di Pluton adalah teknologi yang sama dengan chip keamanan Xbox. Microsoft pun bekerja sama dengan AMD, Intel, dan Qualcomm untuk membenamkan Pluton di CPU yang akan datang.

Jadi apa fungsi Pluton? Chip ini didesain untuk menyetop vektor serangan yang dipakai untuk menyerang PC. Contohnya adalah celah keamanan seperti Spectre dan Meltdown yang beberapa lalu sempat heboh.

Intel sendiri pada 2018 lalu sampai mendesain ulang prosesornya untuk mengatasi serangan sejenis di masa yang akan datang. Sementara Pluton bakal punya peran lebih besar dalam mengamankan PC berbasis Windows ke depannya.

Saat ini, TPM terpisah dari CPU, dan para penjahat sudah mempunyai cara untuk mencuri data yang 'ditangkap' dari aliran data antara TPM dan CPU, yaitu saat mereka mendapat akses secara fisik ke perangkat targetnya.

Sementara Pluton seharusnya bakal lebih aman, karena sejauh ini, Xbox terbilang sulit diretas untuk menjalankan game bajakan. Harapannya adalah tingkat keamanan seperti itu nantinya bisa diterapkan di PC berbasis Windows yang sudah menerapkan Pluton.

"Kami mengapalkan Xbox yang mempunyai perlindungan keamanan fisik seperti ini, jadi orang-orang tak bisa meretasnya untuk game (bajakan)," ujar David Weston, director of enterprise and OS security di Microsoft.

"Kami mempelajari hal penting dari strategi engineering yang efektif dari situ, dan kami membawa hasil pembelajaran dan kerja sama dengan Intel untuk membuat sesuatu untuk PC yang bias menahan dari vektor serangan yang sedang berkembang," tambahnya.

Menurut Weston, Pluton sendiri pada dasarnya adalah evolusi dari TPM yang dibenamkan ke dalam CPU. "Ini adalah TPM yang lebih baik, lebih kuat, lebih kencang dan lebih konsisten," pungkasnya.

Belum jelas kapan CPU akan mulai dilengkapi Pluton, namun yang jelas Intel, AMD, dan Qualcomm sudah menyatakan komitmennya untuk membenamkan chip ini ke dalam CPU buatannya.



Simak Video "Microsoft Akan Genjot Bukalapak Rp 1,46 T"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)