Cermati.com Kasih Saran ke Pengguna Usai Pembobolan Data

Cermati.com Kasih Saran ke Pengguna Usai Pembobolan Data

Adi Fida Rahman - detikInet
Senin, 02 Nov 2020 12:45 WIB
Cermati.com
Cermati.com Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta -

Cermati.com buka suara terkait kabar pembobolan data penggunanya. Penyedia layanan financial technology ini membenarkan adanya akses tidak sah ke platformnya, upaya investigasi dan pengamanan telah dilakukan.

"Beberapa waktu yg lalu, Kami telah mendeteksi adanya akses tidak sah ke dalam platform Kami yang mengandung data dari sebagian pengguna Cermati.com. Hal ini tentu saja menjadi perhatian serius bagi kami," terang Carlo Gandasubrata, Chief Commercial Officer Cermati.com kepada detikINET, Senin (2/11/2020).

Dijelaskan Carlo, saat ini Cermati.com melakukan penyidikan dan menghapus akses yang tidak sah untuk memastikan data pengguna tetap terjaga. Mereka pun bekerjasama dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) untuk menginvestigasi kejadian ini serta menggandeng ahli keamanan informasi eksternal independen untuk membantu meningkatkan keamanan Cermati.com secara menyeluruh.

"Kami pun menginformasikan mengenai peretasan pada pengguna dan terus memberikan himbauan untuk menjalankan langkah pengamanan secara berkala demi melindungi diri dari upaya kejahatan online. Kami mewajibkan semua pengguna untuk melakukan two-factor authentication ketika log in untuk mencegah akses yang tidak seharusnya kepada akun yang terkait," jelas Carlo.

Selain daripada langkah-langkah tersebut, Cermati.com turut mengembangkan arsitektur IT dan Application Programming Interface (API) serta memastikan bahwa infrastruktur tersebut tahan terhadap serangan peretas.

"Pengamanan data Pengguna adalah prioritas kami. Meskipun demikian kami juga menghimbau dan mengajak Pengguna agar kita bersama-sama menerapkan langkah pencegahan agar terhindar dari niat buruk pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab," ujar Carlo.

Beberapa kebiasaan baik yang dapat diterapkan pengguna Cermati.com untuk melakukan pencegahan antara lain:

1. Mengganti password secara teratur dan berkala

2. Tidak menggunakan password yang sama di situs atau aplikasi yang berbeda

3. Tidak membagikan OTP kepada siapapun termasuk dari pihak Cermati.com

4. Memastikan bahwa pihak yang mengontak anda benar-benar dari Cermati.com

5. Memilih platform yang terpercaya yang memiliki komitmen tinggi dalam menjaga keamanan data penggunanya serta menyediakan jalur resmi untuk konsumen apabila memiliki kesulitan atau ingin mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai layanan yang diberikan.

"Berkaca dari pengalaman ini, Cermati.com akan terus meningkatkan komitmen dalam memperkuat sistem security, tidak hanya dari review internal kami, namun juga berdasarkan expert opinion dari konsultan data security extern yang profesional," tutur Carlo.

"Selanjutnya, kami akan terus berupaya untuk memberikan layanan yang terbaik dan bermanfaat bagi para Pengguna karena kepercayaan pengguna selalu menjadi prioritas utama kami. Oleh karena itu Pengguna Cermati.com tidak perlu khawatir untuk terus memanfaatkan layanan yang kami sediakan," tutupnya.



Simak Video "Hacker Jual Data Pengguna Cermati.com yang Bocor"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/fyk)