Duh! Data 2,9 Juta Pengguna Cermati.com Dikabarkan Bocor

Duh! Data 2,9 Juta Pengguna Cermati.com Dikabarkan Bocor

Adi Fida Rahman - detikInet
Senin, 02 Nov 2020 07:30 WIB
Hacker Rusia Berhasil Membobol Jaringan Komunikasi Pemerintah Jerman
Sebanyak 2,9 juta pengguna Cermati.com dikabarkan dibobol. Foto: DW (News)
Jakarta -

Kasus kebocoran data kembali menimpa perusahaan rintisan asal Indonesia. Kali kabarnya dialami oleh Cermati.com, ada 2,9 juta data penggunanya bobol.

Dilansir dari laman Bleepingcomputer, Senin (11/2/2020), seorang hacker menawarkan data base akun yang berisi 34 juta catatan pengguna yang diklaim dicuri dari 17 perusahaan.

Pada 28 Oktober lalu, oleh broker data breach dibuatlah sebuah topik di forum peretas untuk menjual data base tersebut. Dalam penawaran disebutkan kalau semua data diperoleh tahun 2020.

Nah dari 17 perusahaan yang dibobol tadi, ada nama Cermati.com dalam daftar. Sebanyak 2,9 juta data pengguna yang ditawarkan.

Mengkhawatirkannya data yang bocor berisikan informasi penting. Ada email, password, nama, alamat, telepon, pendapatan, bank, nomor pajak, NIK, jenis kelamin, pekerjaan, perusahaan dan paling krusial nama ibu kandung.

17 perusahaan yang data penggunanya dibobol.17 perusahaan yang data penggunanya dibobol. Foto: undefined

Jika kamu pernah mendaftar di situs Cermati.com, disarankan untuk segera mengubah password. Dan jika password dan email yang sama digunakan di layanan lain, maka baiknya ikutan diubah demi keamanan.

Saat ini detikINET sedang berupaya menghubungi pihak Cermati untuk mengonfirmasi kabar kebobolan data ini.



Simak Video "Data Nasabah KreditPlus Bocor dan Dijual, Begini Respons OJK"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/afr)