Canggih! Gojek SHIELD Dukung Polisi Bekuk Pembuat Aplikasi Ilegal

Canggih! Gojek SHIELD Dukung Polisi Bekuk Pembuat Aplikasi Ilegal

Angga Laraspati - detikInet
Rabu, 14 Okt 2020 21:09 WIB
Gojek
Foto: Dok. Gojek
Jakarta -

Dengan dukungan Gojek SHIELD, Polda Metro Jaya berhasil menangkap sindikat pelaku pembuat aplikasi modifikasi. Inovasi terbaru Gojek SHIELD, mampu mendeteksi, mencegah, dan menindak secara otomatis penggunaan aplikasi ilegal dalam ekosistem Gojek.

"Subdit Cyber Crime Polda Metro Jaya memiliki fasilitas laboratorium digital forensik yang mumpuni, serta anggota tim dengan kemampuan IT yang handal. Kolaborasi dengan teknologi Gojek SHIELD yang mampu mendeteksi penggunaan aplikasi terlarang, yang kemudian dilaporkan kepada kami, merupakan suatu dukungan yang baik sehingga kami segera menindaklanjuti dan berhasil menangkap sindikat kriminal pembuat aplikasi ilegal yang beroperasi di Jabodetabek," tutur Kepala Sub Direktorat Cyber Crime - Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya AKBP Dhany Aryanda dalam keterangan tertulis, Rabu (14/10/2020).

AKBP Dhany menambahkan, proses penyelidikan atas kasus ini telah selesai dan saat ini para tersangka tengah menjalani proses peradilan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Polda Metro Jaya mengapresiasi langkah cepat Gojek dalam melaporkan perkara ini sehingga dapat meminimalisir dampak kerugian yang menimpa masyarakat dan industri transportasi online secara umum.

Modus yang biasanya terjadi, tersangka menawarkan aplikasi ilegal hasil modifikasi ini sebagai aplikasi yang seakan-akan kebal penangguhan (anti-suspend) dan bisa menghasilkan banyak orderan. Padahal kenyataannya, aplikasi seperti ini hanya menyamarkan tampilan peringatan dan teguran resmi atas pelanggaran yang berpotensi membuat mitra mendapat sanksi suspend.

Pengguna aplikasi ilegal baru menyadarinya ketika akunnya mendapat sanksi paling berat yakni suspend permanen atau pemutusan kemitraan. Kerugian lainnya terlihat dari adanya malfungsi fitur seperti kendala saat login maupun gangguan pada peta dan navigasi yang akhirnya justru berdampak negatif pada kelancaran operasional mitra.

Sebelumnya, Gojek kembali memperkuat teknologi keamanannya yaitu Gojek SHIELD dengan beberapa inovasi terbaru. Memanfaatkan Machine Learning dan Kecerdasan Buatan, Gojek SHIELD saat ini turut diperkuat dengan adanya fitur Lapor Order Fiktif (ofik) Gak Pake Lama. Dengan fitur ini mitra driver dapat melaporkan order fiktif langsung dari aplikasi driver tanpa harus menelpon call center terlebih dahulu. Order fiktif tersebut pun dapat dibatalkan secara otomatis dalam waktu kurang dari 2 menit.

"Teknologi Gojek kemampuannya terus ditingkatkan untuk menjawab kebutuhan mitra kami di lapangan. Selain mendeteksi perangkat terlarang dan order fiktif, Gojek SHIELD juga telah dilengkapi fitur-fitur canggih lainnya seperti Verifikasi Muka, penyamaran nomor telepon dan Geo-Fencing," tutur Head of Driver Operations - Trust & Safety Gojek Kelvin Timotius

Kelvin menambahkan, berkat fitur-fitur ini, berdasarkan survei internal terbaru yang diikuti 32.000 driver, 92% merasa akun mereka lebih aman.



Simak Video "Telkom Buka Suara Terkait Kabar Investasi ke Gojek"
[Gambas:Video 20detik]
(prf/fay)
Debat Capres AS