LOKET Live Studio, Wadah Kreasi Serta Monetasi bagi Content Creator

LOKET Live Studio, Wadah Kreasi Serta Monetasi bagi Content Creator

Alfi Kholisdinuka - detikInet
Selasa, 13 Okt 2020 07:10 WIB
Loket Live Studio
Foto: dok. Istimewa
Jakarta -

Tidak dapat dipungkiri situasi pandemi COVID-19 yang telah memasuki bulan ketujuh ini memberikan pengaruh besar bagi roda perekonomian hampir di seluruh sektor. Tidak sedikit masyarakat yang terkena dampak dari situasi ini. Mau tidak mau masyarakat dituntut untuk berpikir kreatif untuk mencari peluang di tengah masa yang penuh tantangan ini.

Tuntutan yang sama juga terjadi dalam penyelenggaraan event. Dalam beberapa bulan terakhir LOKET, perusahaan teknologi manajemen event bagian dari Gojek melihat telah terjadi pergeseran dalam penyelenggaraan event. Tercatat lebih dari ribuan event creator telah memindahkan penyelenggaraan event mereka secara online.

Head of LOKET Tubagus Utama mengungkapkan sebagai pionir dalam industri teknologi manajemen event, LOKET berkomitmen untuk terus membantu mengoptimalkan industri event melalui berbagai inovasi.

"Terbaru, kami menghadirkan inovasi LOKET Live Studio, sebuah layanan komprehensif dalam platform LOKET Live. Dengan kemudahan fitur-fitur yang tersedia dalam LOKET Live Studio, content creator atau siapa pun yang memiliki keahlian tertentu dapat dengan mudah membuat dan mengelola online event secara mandiri," ujarnya dalam keterangan tertulis, Senin (12/10/2020).

Sebelumnya LOKET memang telah menghadirkan fitur online event LOKET Live untuk mendorong para event creator agar #TetepProduktif dalam berkreasi di tengah imbauan pemerintah agar masyarakat tetap di rumah aja. Saat ini, LOKET hadir kembali dengan versi terbaru LOKET Live yang telah disempurnakan dengan LOKET Live Studio yang mendorong para penyelenggara event untuk dapat mengelola event secara mandiri.

Tubagus menambahkan dengan kemudahan yang disediakan oleh LOKET, siapa pun yang mempunyai keahlian dari bidang apa pun dan mau berbagi dengan publik, bisa memanfaatkan layanan LOKET Live Studio. Ia juga menekankan bahwa LOKET Live Studio terbuka bagi siapa saja sehingga tidak perlu ragu untuk mencoba memanfaatkan layanan tersebut.

Setiap pembuat event akan memperoleh manfaat dan kemudahan mengelola event secara mandiri, mulai dari membuat event, mengemas tampilan desain tiket, distribusi tiket ke masyarakat luas, hingga tampil secara live. Caranya, para content creator cukup membuka halaman Loket.com dan memilih fitur buat event.

Selanjutnya mereka dapat mengikuti langkah-langkah yang disediakan dan mengaktifkan layanan LOKET Live Studio. Melalui LOKET Live Studio, para content creator dapat mengelola event mereka secara profesional melalui tiga dukungan keunggulan:

Mudah dan Cepat

Hanya dengan mengandalkan kamera laptop atau komputer, serta sambungan internet, para content creator dapat segera terhubung secara live dengan pemirsa. Para pemirsa pun dapat mengakses tiket yang tersedia baik di laman Loket.com maupun GoTix, channel platform LOKET yang tersedia di aplikasi Gojek.

Aman

Tautan tiket event LOKET Live Studio hanya dapat berlaku untuk satu perangkat. Sehingga content creator tidak perlu khawatir dirugikan karena duplikasi undangan.

Interaktif

Content creator dapat merasakan keseruan ngobrol dan berinteraksi dengan pemirsa melalui fitur chat yang tersedia pada laman streaming.

Creative Director REE, Pound Pro, Zin yang juga merupakan Creator program #GobyosBarengRiana, Riana Bismarak mengaku sangat antusias dengan kehadiran LOKET Live Studio. Ia juga mengatakan sering membuat kelas online bersama teman-teman Geng Gobyos menggunakan Loket.com.

"Selain fokus mengurus fashion brand, saya juga aktif menjadi instruktur olahraga. Saya suka berbagi info seputar olahraga dan penerapan gaya hidup sehat, dan banyak teman yang menyukai hal tersebut. Karena kecintaan terhadap olahraga, saya membuat kelas online bareng teman-teman Geng Gobyos, dengan menggunakan Loket.com," ucapnya.

"Ternyata seru sekali dan memang semudah dan sepraktis itu. Rencananya, dalam waktu dekat saya kembali akan membuat kelas online dengan cobain langsung layanan LOKET Live Studio. Pastinya akan jauh lebih seru karena harapannya semakin banyak yang ikutan," tambahnya.

Selain Riana, Founder komunitas anakbrand_id, Wing Firmanperkasa juga mengungkapkan feedback positif dari peserta yang ia peroleh saat membuat event dengan LOKET Live Studio.

"Karakteristik anakbrand_id tuh nggak mau ribet. Selain kemudahan yang memang diberikan LOKET Live, tak kalah penting bagi para content creator seperti kami adalah user journey dalam platform yang harus seamless. Ketika membuat event pertama dengan menggunakan LOKET Live, saya banyak mendapatkan feedback positif dari para peserta," paparnya.

"Mereka pun jadi antusias ingin bergabung dengan event-event kami berikutnya. Semua itu tidak terlepas dari kemudahan satu pintu dalam memenuhi semua kebutuhan para creator dan peserta, yang disediakan oleh LOKET," pungkasnya.

Sebagai bentuk dukungan bagi industri, kehadiran LOKET Live Studio dapat dimanfaatkan oleh para event creator sebagai platform kunci untuk menjadi sumber penghasilan baru. Dengan dukungan teknologi yang mumpuni serta berbagai kemudahan yang ditawarkan, LOKET Live Studio diharapkan dapat membantu menggairahkan kembali industri event di masa pandemi.

Untuk dapat memanfaatkan layanan LOKET Live Studio, para creator cukup membuka halaman Loket.com dan memilih fitur buat event. Selanjutnya content creator dapat mengikuti langkah-langkah yang disediakan, dan mengaktifkan layanan LOKET Live Studio.



Simak Video "Tips Amel Carla untuk Influencer Pemula di Masa Pandemi"
[Gambas:Video 20detik]
(prf/ega)