Zoom Hadirkan Fitur Keamanan 2FA di Aplikasi Mobile dan Desktop

Zoom Hadirkan Fitur Keamanan 2FA di Aplikasi Mobile dan Desktop

Virgina Maulita Putri - detikInet
Sabtu, 12 Sep 2020 18:35 WIB
Aplikasi video conference Zoom mengakuisisi Keybase untuk meningkatkan keamanan terenkripsi secara end-to-end
Zoom Hadirkan Fitur 2FA di Aplikasi Mobile dan Desktop Foto: Zoom
Jakarta -

Zoom menghadirkan fitur two-factor authentication (2FA) untuk aplikasi desktop dan mobilenya. Fitur ini akan memberikan lapisan keamanan tambahan sekaligus mencegah insiden keamanan seperti zoombombing.

Dikutip detikINET dari The Verge, Sabtu (12/9/2020) pengguna Zoom bisa mengaktifkan fitur ini dengan membuka aplikasi Zoom di desktop atau ponselnya, lalu klik foto profil di pojok kanan atas, dan klik opsi My Profile.

Setelah itu kalian akan diarahkan ke Zoom Dashboard di browser. Login menggunakan akun Zoom kalian dan scroll ke bawah hingga menemukan opsi Two-factor authentication lalu pilih opsi untuk mengaktifkannya.

Ini sebenarnya bukan pertama kalinya Zoom menawarkan fitur 2FA, tapi sebelumnya fitur ini hanya tersedia di web. Layanan besutan Eric Yuan ini juga memastikan fitur ini bisa dimanfaatkan semua pengguna, baik yang mengikuti program berbayar atau tidak.

Selain membawa fitur 2FA ke lebih banyak platform, Zoom juga memberikan lebih banyak opsi untuk menerima kode login. Zoom mendukung platform time-based one-time password (TOTP) seperti Google Authenticator, Microsoft Authenticator dan FreeOTP.

Selain itu kode OTP juga bisa diterima lewat SMS. Tapi metode ini termasuk kurang aman jika dibandingkan dengan aplikasi di atas karena mudah disusupi.

Ini hanya satu dari sederet fitur baru Zoom untuk meningkatkan keamanan akun penggunanya setelah beberapa insiden privasi beberapa bulan yang lalu. Pada bulan Juni lalu, mereka mengumumkan akan memberikan dukungan enkripsi end-to-end untuk pengguna gratis, dan beberapa perubahan lainnya untuk mencegah zoombombing.

Panduan lengkap untuk mengaktifkan two-factor authentication untuk mengamankan akun Zoom bisa dilihat di sini.



Simak Video "Berkat WFH, Pendiri Zoom Masuk Deretan Orang Terkaya di Amerika"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/afr)