Seluk Beluk WhatsApp Dibajak dan Resep Ampuh Menangkalnya

Seluk Beluk WhatsApp Dibajak dan Resep Ampuh Menangkalnya

ADVERTISEMENT

Terpopuler Sepekan

Seluk Beluk WhatsApp Dibajak dan Resep Ampuh Menangkalnya

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Sabtu, 29 Agu 2020 05:52 WIB
Ilustrasi WhatsApp
Seluk Beluk WhatsApp Dibajak dan Resep Ampuh Menangkalnya (Foto: Adi Fida Rahman/detikINET)
Jakarta -

Seminggu ini kasus pengambilalihan akun WhatsApp kembali ramai jadi bahan pembicaraan. Layanan milik Facebook itu pun angkat bicara, memberikan cara untuk mengatasinya.

WhatsApp meyakinkan keamanan layanan miliknya, dan menyebut enkripsi end-to-end di layanan pengiriman tersebut belum pernah dibobol. Namun pada kenyataannya, bermacam kasus peretasan dan pengambilalihan akun WhatsApp terjadi.

Menurut WhatsApp, hal ini bisa terjadi karena ada banyak faktor yang menentukan keamanan WhatsApp milik pengguna, dan ada beberapa faktor yang berada di luar kuasa WhatsApp.

Menurut WhatsApp APAC Communications Director Sravanthi Dev, faktor yang menentukan tersebut antara lain adalah perangkat, jaringan komunikasi, sistem operasi, barulah aplikasi.

Sementara di tahap perangkat pengguna, lapisan keamanan itu antara lain adalah kunci perangkat ponsel, yang biasanya berupa PIN ataupun biometrik, lalu ada one time password (OTP) yang dikirimkan lewat SMS, verifikasi dua langkah berupa PIN, dan enkripsi end-to-end yang memastikan data dari pengirim hanya bisa dibuka oleh si penerima.

Lapisan terakhir tersebut itulah yang dibanggakan oleh WhatsApp, yaitu enkripsi end-to-end yang mereka sebut belum pernah dibobol. Namun nasib berbeda ada di lapisan keamanan yang lain.

Contohnya kode OTP yang seringkali bisa dicuri dengan berbagai cara, salah satunya social engineering. WhatsApp pun menyebut celah di sistem operasi ponsel juga menjadi cara untuk meretas layanan tersebut.

Cara menghindari pembajakan WhatsApp ada di halaman selanjutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT