Yang Bisa Terjadi Jika Seseorang Tahu IP Address Milik Kamu

Yang Bisa Terjadi Jika Seseorang Tahu IP Address Milik Kamu

Aisyah Kamaliah - detikInet
Senin, 24 Agu 2020 21:13 WIB
ilustrasi komputer, hacker
Ilustrasi surfing internet (Foto: GettyImages)
Jakarta -

IP Address atau Internet Protocol Address ialah deretan angka biner antara 32-bit sampai 128-bit yang dipakai sebagai alamat identifikasi untuk tiap komputer host dalam jaringan Internet.

Mengutip Smart Proxy, ternyata bukan cuma lokasi yang terlacak, jika seseorang mengetahui IP address milik kamu, seseorang bisa mencoba untuk terkoneksi dengan perangkat kamu.

IP dapat disimpulkan sebuah identitas saat menelusuri dunia maya. Tapi Alamat IP ini bukanlah sesuatu yang statis, alias bisa berubah setiap kali perangkat terputus dari server Internet.

Setiap perangkat menggunakan port, yang memungkinkan berbagai layanan terhubung dengannya. Ada puluhan ribu port untuk setiap alamat IP, dan peretas yang mengetahui IP milik kamu dapat mencoba masuk ke perangkat dan dapat mengendalikan perangkat, mencuri data, atau bahkan meniru identitas kamu. Waduh!

Beberapa pelaku kejahatan mungkin menambahkan perangkat ke botnet, menggunakan IP address untuk iklan bertarget, penipuan, pencurian identitas, dan lainnya.

Meski kelihatannya susah, buat hacker berpengalaman ini lebih mudah daripada kedengarannya. Karena demonstrasi telah menunjukkan operator telekomunikasi sebagai target yang sangat rentan. Seseorang bisa saja mengalami pencurian identitas dalam hitungan jam.

Cara menyembunyikan alamat IP kamu

Cara termudah untuk menyembunyikan alamat IP adalah dengan menggunakan server proxy. Server proxy adalah perantara antara perangkat dan internet. Ada banyak jenis proxy, tetapi hanya proxy anonim yang menyembunyikan informasi kamu dari server yang disambungkan.



Simak Video "Cara Mengetahui SIM Card yang Kena Bajak Hacker"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/fay)