Senin, 25 Nov 2019 16:57 WIB

Cara Cek IP Address dengan Mudah di Ponsel dan Komputer

Virgina Maulita Putri - detikInet
Cara Cek IP Address dengan Mudah di Ponsel dan Komputer Foto: unsplash Cara Cek IP Address dengan Mudah di Ponsel dan Komputer Foto: unsplash
Jakarta - Alamat IP atau IP address merupakan informasi penting yang mungkin jarang kalian pikirkan. Tapi kalian bisa saja membutuhkannya ketika sedang mengatur setup yang terkait dengan jaringan internet, jadi informasi ini penting untuk diketahui.

IP address biasanya berupa empat kelompok yang terdiri dari 2-3 angka yang dipisahkan dengan titik. Dalam jaringan internet rumahan, biasanya perangkat kalian memiliki IP address eksternal dan internal.



Sederhananya, IP address eksternal adalah alamat IP publik yang bisa dihubungi oleh perangkat lainnya yang ada di internet. Sedangkan IP address internal menandai lokasi di jaringan lokal.

Berikut cara mengecek IP address eksternal dan internal di berbagai platform yang dirangkum detikINET dari Lifehacker:

1. Cara Mengecek IP Address Eksternal

Untuk mengecek IP address eksternal caranya mudah saja lewat website yang bisa kalian akses di browser ponsel atau komputer. Bahkan dengan sekali klik kalian bisa langsung mengetahui IP address eksternal.

Salah satu website untuk mengecek IP address yang banyak digunakan adalah WhatIsMyIP.com. Di sisi kanan atas situs tersebut, kalian bisa melihat alamat IPv6 dan IPv4 eksternal.

Ada lagi situs yang lebih simpel, karena begitu diklik hanya akan menampilkan IP address kalian. Beberapa website yang bisa kalian gunakan adalah ipconfig.me dan icanhazip.com.

2. Cara Mengecek IP Address Internal

Mengecek IP address internal terbilang sedikit rumit dibanding mengklik hyperlink untuk mengecek IP address eksternal. Tapi bukan berarti sulit untuk dilakukan.

Berikut cara mengecek IP address internal di beberapa platform berbeda:

- Windows

Untuk mengecek IP address di komputer atau laptop yang menjalankan sistem operasi Windows kalian harus membuka Command Prompt terlebih dahulu. Caranya di menu Start, ketik cmd dan tekan Enter atau klik hasil pencarian.

Setelah Command Prompt terbuka, ketik "ipconfig" dan tekan Enter. Cari baris yang menuliskan IPv4 Address, deretan angka di sebelahnya adalah IP address lokal kalian.

- Mac

Untuk kalian yang menggunakan perangkat Mac, pertama klik ikon Apple di sudut kiri atas desktop dan klik System Preferences. Setelah itu klik Network.

Cari koneksi yang terhubung dengan perangkat kalian (Wi-Fi atau Ethernet) dan klik koneksi yang aktif tersebut. Koneksi yang aktif ditandai dengan titik berwarna hijau.

Lihat di sisi kanan layar dan kalian akan melihat kalimat yang berbunyi "Wi-Fi is connected to ... and has the IP address ..." Deretan angka yang terlihat setelah kalimat ini adalah IP address perangkat kalian.



- Android

Ada dua cara untuk mengecek IP address di HP Android. Pertama, jika HP kalian terhubung dengan Wi-Fi, buka aplikasi Settings atau Pengaturan di HP kalian.

Setelah itu buka menu Connections dan klik Wi-Fi. Cari koneksi yang saat ini sedang terhubung dengan HP kalian, klik dan alamat IP kalian akan tertulis di daftar tersebut.

Untuk cara yang lebih mudah, setelah membuka aplikasi Settings masuk ke menu About Phone yang biasanya ada di paling bawah. Setelah itu klik Status dan di situ kalian bisa melihat IP address bersama MAC address dan sejumlah informasi lainnya.

- iOS

Untuk mengecek IP address di perangkat iOS, buka aplikasi Settings dan klik opsi Wi-Fi. Klik tombol "i" yang dikelilingi lingkaran yang ada di sisi kanan jaringan yang terhubung dengan perangkat kalian.

Di halaman tersebut kalian bisa melihat IPv4 address. Tepat di bawahnya kalian bisa melihat IPv6 address perangkat kalian.

Simak Video "Deretan Ponsel yang Tak Bisa Pakai WhatsApp"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)