India Kembali Larang 47 Aplikasi China, PUBG dalam Ancaman

India Kembali Larang 47 Aplikasi China, PUBG dalam Ancaman

Agus Tri Haryanto - detikInet
Selasa, 28 Jul 2020 06:00 WIB
PUBG Mobile
PUBG masuk dalam daftar aplikasi yang bakal dilarang di India. Foto: Dok. PUBG Mobile
Jakarta -

Pemerintah India kembali mengumumkan pelarangan warganya untuk menggunakan 47 aplikasi China. Sebelumnya, negara Bollywood ini telah memblokir 59 aplikasi China, di mana di dalamnya ada TikTok hingga WeChat.

Sebagaimana dilansir dari XDA Developers, Selasa (28/7/2020) ke-47 aplikasi yang dilarang saat ini memiliki hubungan dengan daftar aplikasi China yang sudah 'diharamkan' oleh India sebelumnya, di antaranya seperti TikTok Lite, Helo Lite, ShareIt Lite, Bigo Lite, dan VFY Lite.

Bahkan, Pemerintah India tengah mengkaji lebih dari 275 aplikasi lainnya yang terkoneksi dengan China. Upaya tersebut sebagai langkah antisipasi terhadap layanan yang dinilai mereka mengancam keamanan nasional dan privasi pengguna.

Game PUBG yang sebelumnya lolos dari pemblokiran, kali ini terancam tidak bisa diakses oleh gamer India. Begitu juga AliExpress kepunyaan Alibaba, Resso, Ulike, Capcut, Ludo World dan lainnya.

Menurut laporan, aplikasi-aplikasi tersebut belum dilarang akan tetapi sudah ditandai karena alasan keamanan. Sementara aplikasi lainnya telah terdaftar karena pelanggaran berbagi data dan privasi, di mana hal itu mengancam kedaulatan India.

Meski memakai alasan keamanan. Buntut dari pemblokiran puluhan aplikasi China menyusul ketegangan di perbatasan India-China di Himalaya beberapa waktu lalu yang menewaskan 20 tentara India.



Simak Video "TikTok Hilang dari Play Store dan App Store India"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/afr)